Pendalaman Teknik Kamera dan Tata Cahaya Dalam Produksi Program TV Kepada Mahasiswa Program Studi Penyiaran Semester 2

1 8

BSI NEWS. Sebagai calon seorang broadcaster, mahasiswa wajib menguasai dasar-dasar pengambilan gambar, seperti type of shot, angle camera, dan camera movement. Setelah itu mahasiswa juga dituntut untuk mengetaui berbagai jenis lensa beserta pegunaannya, dan pencahayaan yang digunakan dalam pengambilan gambar. Untuk mendalami hal tersebut mahasiswa diberikan kesempatan dalam produksi karya dan didukung dengan kegiatan workhshop atau seminar terkait teknik kamera dan pencahayaan.

Pada teknik kemera terdapat camera movement atau pergerakan kamera, yang merupakan satu alat yang paling ekspresif untuk para filmmaker atau broadcaster. Dengan pergerakan kamera, kamu dapat menciptakan alur suasana yang dramatik lewat pengaturan subjek yang masuk ke dalam frame. Kemudian akan membentuk perspektif penonton tentang informasi naratif soal ruang dan waktu.

Sedangkan fungsi tata cahaya yang hadir di atas panggung dan menyinari semua objek sesungguhnya menghadirkan kemungkinan bagi sutradara, aktor, dan penonton untuk saling melihat dan berkomunikasi. Semua objek yang disinari memberikan gambaran yang jelas kepada penonton tentang segala sesuatu yang akan dikomunikasikan.

Hal ini cukup menarik  untuk  dibahas mengingat produksi siaran televisi di era pandemi ini seperti bagaimana kita ketahui membutuhkan protokol kesehatan yang ketat. Dalam membahas hal ini diselenggarakan webinar yang mengusung tema Webinar Produksi Teknik Kamera dan Tata Cahaya yang akan disampaikan oleh Bpk. Diki Umbara, M.I.Kom. Acara webinar  ini dilaksanakan pada hari Rabu 28 april 2021 pukul 13.00-15.00 WIB dengan moderator Jaqualine Pramanta Putra, S.I.Kom, M.M. Sasaran peserta dalam webinar ini yaitu mahasiswa Universitas Fakultas Komunikasi & Bahasa.

Kegiatan ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa program studi penyiaran yang berada di semester 2 mengenai teknik dalam pengambilan gambar sebagai penata kamera, baik untuk produksi single camera atau produksi multicamera. Mahasiswa juga diberikan tentang teknik pencahayaan yang tidak bisa lepas dari seoarang penata kamera, karena harus memahami sumber cahaya ketika bertugas dalam pengambilan gambar. Pada kesempatan ini juga mahasiswa diberikan kondisi terkait produksi di industri penyiaran di masa pandemik covid-19. (JPR)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Pendalaman Teknik Kamera dan Tata Cahaya Dalam Produksi Program TV […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.