Prodi Administrasi Perkantoran Bekali Softskill Public Speaking

1 5

Jakarta Bsi-News

 Prodi Administrasi Perkantoran mengadakan kegiatan dengan tema “Webinar on Public Speaking and Presentation Skill”. Kegiatan ini dilakukan dengan secara daring melalui media zoom meeting tepat pukul 13.00 WIB, Jumat 02 Juli 2021. Prodi Administrasi Perkantoran Universitas Bina Sarana Informatika bekerjasama dengan Tempa Trainers Guild dalam mengadakan webinar ini.. Kegiatan yang diadakan khusus mahasiswa Semester 4 Prodi Administrasi Perkantoran ini, di maksudkan sebagai pembekalan softskill bagi mahasiswa dalam berbicara di depan umum. Hal ini akan bermanfaat untuk mereka yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Semester Selanjutnya.

Moderator acara dalam kegiatan ini yaitu Ibu Astrilyana, M.Kom membuka kegiatan dengan mengajak seluruh peserta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu Ibu Flora Meliana Siahaan, S.E, M.IKom, CPR. Dalam pengantar materi beliau menyampaikan motivasi bagi mahasiswa untuk yakin bahwa berbicara didepan umum merupakan awal penting dalam segala jenis pekerjaan ataupun kegiatan yang kita hadapi dalam kehidupan maka kita harus mau memulai untuk berani dan yakin bahwa diri kita mampu.

Pada awal penjelasan materi Ibu Flora meminta peserta untuk menuliskan apa yang menjadi hambatan bagi peserta dalam berbicara didepan umum. Para peserta sangat antusias dalam memberikan pendapat dalam fitur chat. Selanjut Ibu Flora menyampaikan bahwa hambatan tersebut adalah keyakinan yang membuat kita menjadi ragu memulai dan berakhir menjadi Self Sabotaging. Ibu Flora mengajak para peserta untuk mengganti keyakinan itu menjadi keberanian untuk memulai berbicara didepan umum, karena “berbicara itu pintu berbagai peluang”. Lebih lanjut Ibu Flora menjelaskan mengenai benefit yang didapat dari seseorang yang memiliki kemampuan dalam berbicara didepan umum, kunci dalam lancar berbicara di depan umum, dan kekuatan yang dimiliki peserta untuk mau dan mampu berbicara didepan umum.

Para peserta sangat antusias dalam memberikan feedback saat sesi diskusi berlangsung. Dalam sesi ini peserta diminta untuk menuliskan mimpi, kemampuan, kelebihan dan kekurang yang peserta sadari dalam diri peserta. Narasumber juga membuka sesi sharing langsung dari peserta mengenai diskusi tersebut. Di akhir penyampaian materinya Ibu Flora menyampaikan pesan bagi para peserta yaitu “orang itu bukan paranormal yang tau isi hati dan pikiranmu, maka ungkaplah sehingga bermanfaat dan berdampak”. Ibu Flora juga memberikan apresiasi kepada tiga peserta yang paling antusias dan aktif dalam kegiatan webinar hari ini. Webinar ditutup oleh moderator dengan foto bersama  narasumber dan peserta kegiatan. (AIL)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Prodi Administrasi Perkantoran Bekali Soft Skill Public Speaking […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.