Dosen UBSI Pontianak Latih Pengelolaan Website Desa Pada Aparatur Desa Punggur Besar

0 1

Pontianak Bsi-News

Portal desa berbasis web merupakan sarana yang dapat menghubungkan aparatur desa dengan masyarakat desa tanpa batasan waktu. Portal desa dapat juga sebagai wujud keterbukaan informasi yang dapat dijadikan alat pemantau bagi masyarakat terhadap aktifitas aparatur desa dan pengelolaan dana desa. Adanya portal desa juga dapat membantu aparatur desa dalam melakukan manajemen data secara digital mulai dari pengelolaan data kependudukan, administrasi surat menyurat, laporan keuangan dan penyampaian berita kegiatan-kegiatan desa secara online.

 Tri Dharma Perguruan Tinggi bukan hanya tanggungjawab mahasiswa, seluruh dosen (pendidik) serta civitas akademika memiliki tanggungjawab yang sama. Bagi seorang dosen memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah sebuah kewajiabn, yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Universitas Bina Sarana Informatika selalu mendukung dosen-dosennya untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui aplikasi Laporan BKD internal yang dikenal dengan My Simliz. Dosen yang tidak memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi tentunya mendapatkan sanksi. Semester ini terdapat 2 kelompok dosen yang melakukan PKM di Kantor Desa Punggur Besar Kabupaten Kubu Raya yang berjarak kurang lebih 14 KM dari lokasi Kampus.

Salah satu tim ini, diketuai oleh Deni Risdiansyah yang mengangkat tema Pelatihan Pemanfaatan Website Resmi Desa Kepada Aparat Desa Punggur Besar dKecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya selama kurun waktu 1 bulan, sejak 5 Juni  hingga 10 Juli 2021. Tujuan kegiatan PKM ini selain memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga menciptakan kerjasama yang baik antara lingkungan akademik dan Pemerintah Desa dan jajarannya, dimana dosen-dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Pelatihan ini diberikan atas permintaan dari aparatur desa terkait penggunaan portal desa agar lebih paham dan lebih mahir lagi dalam penggunaannya, 03 Juli 2021.  Website ini merupakan portal desa yang sudah disediakan oleh Kominfo, namun dalam penggunaannya aparatur desa masih terdapat kendala sehingga merasa perlu untuk mendapatkan pelatihan tambahan. Karena UBSI kampus Kota Pontianak merupakan salah satu kampus yang dapat menjadi mitra desa dibidang IT dan digital maka kami pun merespon permintaan dari kepala desa untuk memberikan pelatihan di Kantor Desa Punggur Besar. “Kata Deni”

Kepala Desa Punggur Besar Bpk Anwar menyambut baik kerjasama antara UBSI dengan pemerintah desa yang akan dilanjutkan dalam bentuk MoU dan PKS. “Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja Aparatur Pemerintah Desa di Desa Punggur Besar. Kami ucapkan terimakasih kepa Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika Pontianak yang telah bersedia menjadikan Desa kami pilihan untuk diadakan pelatihan penggunaan website Desa ini, terlebih website resmi yang dibuat Kominfo ini sudah ada lama tapi belum begitu faham kami menggunakannya” pungkas beliau. “Kata Anwar”

Pelaksanaan PKM ini dilakukan secara offline dan dihadiri oleh 10 orang aparatur desa di Kantor Desa Punggur Besar setiap minggunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, mencuci tangan hingga penggunaan handsanitizer. Materi mengenai Pengelolaan Portal Website Desa ini disampaikan oleh Bpk Agung Sasongko yang merupakan dosen UBSI Kampus Kota Pontianak sekaligus Senior Software Developer di UBSI Kampus Kota Pontianak. Beliau memaparkan materi mulai dari tata cara pengisian data penduduk baik secara masukan data satu per satu hingga bagaimana masukan data menggunakan excel dengan format yang telah ditentukan didalam sistem. Karena hal paling penting dari pemerintahan desa adalah kelengkapan data penduduk yang ada di lingkungan wilayah RT dan RW nya. Kemudian dilanjutkan dengan membahas tentang laporan keuangan dan administrasi surat menyurat yang dapat dilakukan oleh aparatur desa maupun masyarakat yang mengajukan secara online via web dengan sebelumnya sudah memiliki username dan token untuk masuk ke dalam portal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.