MARAK PENYEBARAN HOAX DISOSIAL MEDIA, DOSEN UBSI BERIKAN EDUKASI KEPADA MASYARAKAT

0 52

Pontianak Bsi-News

Pemanfaatan media sosial saat ini berkembang dengan luar biasa. Media sosial mengizinkan semua orang untuk dapat bertukar informasi dengan sesama pengguna media tersebut. Perilaku penggunaan media sosial pada masyarakat Indonesia yang cenderung konsumtif, membuat informasi yang benar dan salah menjadi bercampur aduk. Keberadaan internet sebagai media online membuat informasi yang belum terverifikasi benar dan tidaknya tersebar cepat. Hanya dalam hitungan detik, suatu peristiwa sudah bisa langsung tersebar dan diakses oleh pengguna internet melalui media sosial. Namun, saat ini banyak orang menggunakan media sosial untuk menyebarkan kebencian, provokasi dan hoax.

Hoax sendiri biasa diartikan sebagai berita bohong ataupun berita yang ditutupi tutupi kebenarannya. Dimana hoax saat ini banyak menyebar melalui media sosial dan beberapa penelitian mengatakan umur yang paling sering menyebar hoax adalah umur 40 tahun ke atas atau usia orang tua.

Melihat permasalahan tersebut, Dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melalui program pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu unsur dari tri dharma perguruan tinggi hadir di tengah tengah masyarakat yaitu masyarakat RT 02 RW 04 Kelurahan Kota Baru Kecamatan Pontianak Selatan untuk memberikan edukasi tentang bahaya hoax, dan bagaimana cara memerangi hoax di tengah masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 kali dalam satu bulan ini dilaksanakan dari bulan juni hingga bulan juli 2021 ini, tepatnya yaitu setiap hari sabtu tanggal 12, 19, 26 Juni dan 3 juli 2021.

Tim pengabdian masyarakat Universitas Bina sarana Informatika ini terdiri dari dosen dan mahasiswa, selain memberikan pengetahuan tentang apa itu hoax dan apa apa saja jenis hoax yang biasa beredar, pada program pengabdian masyarakat ini, masyarakat juga diajarkan bagaimana cara memerangi hoax sehingga kita sebagai masyarakat tidak mudah saja percaya akan informasi yang tersebar di dunia maya.

“Hoax sangat berbahaya, hoax dapat memecah belah bangsa, berita hoax yang tersebuar dimasyarakat menjadikan informasi yang ada menjadi simpang siur, banyak masyarakat yang percaya dengan berita bohong karna tidak dapat mencari sumber yang benar, untuk itu kami sebagai dosen memiliki rasa tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat,” ungkap Yeni Mustika, salah satu tutor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.