Dosen UBSI Beri Pelatihan Editing Video untuk Konten Media Sosial bagi pelaku UMKM

0 21

Jakarta Bsi-News

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Dewi Sartika, kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma dari Perguruan Tinggi. Dengan berkolaborasi bersama Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Kramat Jati, Jakarta Timur, yang merupakan kolaborasi yang kedua kalinya.  Pelaksanaan pelatihan yang diselenggarkan pada sabtu, 10 Juli 2021 masih secara daring atau online dengan menggunakan media conference Zoom Meeting. Dilakukan daring atau online dikarenakan  mematuhi peraturan  Presiden Joko Widodo yang resmi mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk memperketat aktivitas masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas khususnya di DKI Jakarta.

Tema pelatihan masih seputar untuk konten media sosial, kali ini mengambill tema pelatihan Editing Video untuk Konten Media Sosial bagi pelaku UMKM. Media pemasaran online lebih efisien untuk saat ini, karena media promosi telah bertransformasi dari offline ke online contohnya sosial media khususnya platform video dan konten yang bagus menjadi hal yang penting karena akan menarik pembeli. Bagaimana memaksimalkan produk yang ditawarkan melalui sosial media, diperlukan kreatif dalam mendesain suatu produk yang akan ditawarkan, pembahasan ini yang dibahas dan langsung dipraktekkan dengan pelatihan editing video untuk konten di media sosial yang dipandu oleh pembicara yaitu Yuris Alkhalifi, dengan aplikasi yang bisa didowload gratis di playstore.

 “Ini merupakan pelatihan dengan tema pertama kalinya diselenggarakan oleh Sudin PPKUKM, Kramat Jati, Jakarta Timur, yaitu editing video jadi saya berharap para UKM wilayah karamat jati , agar bisa mengikuti pelatihan ini sampai selesai dan bisa dipratekkan langsung“, ungkap Heru yang merupakan pendamping UKM dari JakPreneur, hal senada juga diungkapkan oleh Benyamin Tambunan selaku Kasapel PPKUKM Kecamatan Kramat Jati, “ pelatihan sangat bagus bagi para pelaku UKM karena untuk meningkatan promosi produk yang akan ditawarkan, apalagi dipandemi saat ini” ungkap Benyamin saat pembukaan pelatihan.

Ketua panitia Khairul Rizal dalam sambutannya menjelaskan sensuai riset dari beberapa sumber yang update sekarang ini  bahwa media sosial meningkat perkembangannya maupun penggunanya di Indonesia, artinya penduduk Indonesia sudah “melek” dengan media sosial dan media Youtube menjadi media sosial teratas dan terpoluler, oleh karena itu penting bagi UKM untuk update wawasan dan keterampilan dengan bisa membuat video sendiri untuk promosi produk. Acara pelatihan editing video berlangsung menarik dan antusias peserta UKM yang tinggi dibuktikan banyaknya peserta yang mengikuti sejumlah 82 orang, dan pertanyaan beragam yang diberikan peserta. “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami UKM untuk membuat promo produk dengan video, kami perlu pendampingan lanjutan, maka dari itu kami sangat berharap pelatihan berikutnya dapat dilaksanakan kembali secara tatap langsung bila PPKM berakhir” ujar Bambang peserta UKM yang memiliki produk makanan dan catering. Bambang menyampaikan ucapan terima kasih kepada pembicara yang merupakan dosen UBSI kampus Dewi Sartika. (Rizal)

Leave A Reply

Your email address will not be published.