HIMASI UBSI Tasikmalaya Ikuti Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Ke-3 Puspresnas Kemdibud-RI 2021

0 2

Tasikmalaya BSI-News

Pusat Prestasi Nasional – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia (Puspresnas Kemdikbud-RI) kembali menyelenggarakan LOMBA INOVASI DIGITAL MAHASISWA KE-3 TAHUN 2021 (LIDM-03/2021). LIDM kali ini diselenggarakan dalam masa pandemi COVID-19 yang belum usai sepenuhnya dan masih berada pada masa peralihan menuju tatanan kehidupan baru pasca-pandemi. Kiranya kesiapan digital tersebut justru sangat sejalan dengan sifat perlombaan pada LIDM yang memang merupakan ajang ujuk karya-karya inovasi dan kreasi digital. Sebagai insan pendidikan yang selalu berpikiran positif dan memiliki kemampuan tinggi untuk bertahan dalam situasi apapun, maka semangat dan upaya kebangkitan tersebut perlu sekaligus diwujudkan dalam karya-karya inovasi dan kreatif yang akan berkontribusi positif yang nyata bagi kemaslahatan kehidupan masyarakat luas. Untuk itu, pada LIDM-03/2021 kali ini dicanangkan tema “Indonesia Bangkit” yang diharapkan akan tertuang dalam wujud karya-karya inovasi dan kreativitas yang diikutsertakan oleh para mahasiswa seluruh perguruan tinggi dari segala penjuru tanah air.

Dalam LIDM-03/2021 ini memperlombakan lima divisi karya-karya dan kreasi, yaitu terdiri dari: Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan, Divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan, Divisi Video Digital Pendidikan, Divisi Poster Digital, Divisi Microteaching Digital.Universitas Bina Sarana Informatika ikut berfartisipasi dalam ajang bergengsi ini. Salah satu mahasiswa anggota HIMASI UBSI Tasikmalaya Program Studi Sistem Informasi Rizqi Setiaji sebagai Ketua tim “Sans Serif” bersama ketiga rekannya yaitu Muhammad Azhar Gunawan, Muhamad Rivalda dan Mochamad Iman Firman  yang dibimbing oleh Bapak Deddy Supriadi,M.Kom mengambil Divisi Poster Digital yang mengusung tema Peran Gender dalam ketahanan Keluarga dan Masyarakat Menghadapi Pandemi Covid-19 dengan Sub-Tema Menginspirasi Revitalisasi Peran Gender dalam Mengimplementasikan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Menuju Indonesia Bangkit Berkompetensi Abad 21. Pada kesempatan ini mereka mengusulkan sebuah desain yang berisikan ajakan untuk menjadi pembelajar yang cerdas, dengan sikap yang tegas, dan membangun integritas. Dalam Desain yang dibuat “Sans Serif” ini mengandung pula warna cerah dan senada dalam komposisinya yang mengartikan bahwa didalam desain ini keceriaan serta aset yang menyimbolkan arti dalam tema yang diusung” Tandas Rizki sebagai ketua team.

“Dengan adanya Lomba Inovasi Digital Mahasiswa ini diharapkan, meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang Informasi Teknologi dan berbagai macam mengenai digital. Serta mendorong peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi dalam digitalisasi” ujar Deddy .

Leave A Reply

Your email address will not be published.