Ubah Presentasimu Menjadi Video Menarik dengan Powerpoint

1 9
Pengabdian Masyarakat Universitas BSI Menggunakan Microsoft Powerpoint
Dok. Universitas BSI

Jakarta, BSINews – Microsoft powerpoint sudah tidak asing lagi bagi pengguna komputer, terutama yang sering berhubungan dengan presentasi atau slideshows untuk menjelaskan sesuatu yang sedang dipromosikan.

Kelompok dosen dari program studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknik & Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang terdiri dari Murniyati selaku ketua dan anggotanya seperti Nining Suharyanti, Kartika Mariskhana, Ita Dewi Sintawati dan dibantu dua mahasiswa melakukan pengabdian masyarakat.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (18/9) lalu pada remaja Karang Taruna RT 14/01 Rusun Rawa Buaya, Cengkareng, Nining selaku tutor pelatihan menyampaikan bahwa pengabdian masyarakat kali ini berisi tentang pelatihan pembuatan video presentasi menggunakan microsoft powerpoint.

Baca juga: HIMASI UBSI Tasikmalaya Gelar Pengabdian Masyarakat” bersama Pengcab Taekwondo Kota Tasikmalaya

“Sebelum ada microsoft office 2010, untuk merubah file powerpoint ke bentuk file video harus menginstal program converter yang bisa merubah file powerpoint ke file video tersebut,” tutur Nining, Sabtu (18/9) lalu.

Cara Mudah Buat Video Dengan Microsoft Powerpoint

Ia menjelaskan, hadirnya microsoft office 2010 untuk merubah file microsoft powerpoint ke video sudah bisa langsung bisa dijalankan di microsoft powerpoint.

“Dengan syarat microsoft office yang terpasang di komputer adalah microsoft office 2010 atau versi di atasnya, microsoft office 2013 atau microsoft office 2016,” ujarnya.

Ia memaparkan, cara membuatnya tidak sulit. Bahkan bisa dikatakan sangat mudah. Pertama buka microsoft powerpoint klik menu file lalu klik new slide. Selanjutnya pilih menu file, kemudian pilih save dan send.

“Setelah memilih save dan send, berikutnya pilih create video. Jangan lupa pada menu ini untuk tentukan pengaturan videonya. Misalkan pilih komputer dan HD display, kemudian tentukan ukuran lebar video. Di sana ada 3 pilihan ukuran,” paparnya.

Lanjutnya, jangan lupa tentukan durasi untuk menentukan lama tayangan tiap slide dari powerpoint dalam video nantinya.

Baca juga: UBSI Memperkenalkan Social Media Engagement di Instagram dalam Pengabdian Masyarakat

“Setelah selesai, lalu klik create video dan tentukan letak serta nama file videonya. Tunggu sampai proses selesai, file videonya berekstensi windows media video (wmv),” tukasnya.

Disisi lain ketua kelompok pengabdian masyarakat, Murniyati menyampaikan bahwa pada dasarnya presentasi menjadi video yang dapat ditonton oleh audiens pada powerpoint untuk saat ini sangat bermanfaat sekali.

“Tentunya hal ini mengingat sudah menjadi kebutuhan terutama para pengajar ataupun pelajar dan mahasiswa. Sehingga memiliki dua opsi untuk mengubah presentasi menjadi video yang siap untuk ditampilkan,” terang Murniyati, Sabtu (18/9) lalu.

Ia berharap, ilmu pengetahuan yang diberikan kami dari dosen prodi Sistem Informasi Universitas BSI menjadi lebih berguna dan memberikan manfaat bagi remaja Karang Taruna RT 14/01 Rusun Rawa Buaya, Cengkareng walaupun dilakukan secara daring.(ACH)

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Ubah Presentasimu Menjadi Video Menarik dengan Powerpoint […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.