Jurusan Teknik untuk Perempuan Calon Mahasiswi

1 596
Jurusan Teknik untuk Perempuan Calon Mahasiswi
Dok. Jurusan Teknik untuk Perempuan Calon Mahasiswi Universitas BSI

Jakarta, BSINews –Jurusan Teknik memiliki daya tarik dan prospek kerja yang membuat calon mahasiswi meminatinya. Namun, banyak orang beranggapan bahwa jurusan Teknik tidak cocok untuk sebagian perempuan. Benarkah begitu?

Jurusan Teknik memang dikenal sebagai gudangnya mahasiswa (laki-laki). Lalu di mana mahasiswinya? Apakah tidak ada jurusan Teknik yang cocok oleh calon mahasiswi? Sebenarnya, seluruh jurusan kuliah di bidang Teknik dapat dimasuki oleh perempuan.

Perguruan tinggi mana pun, tidak pernah mendiskriminasi atau pun membatasi kaum hawa hanya boleh kuliah di jurusan Teknik tertentu saja. Sehingga hal ini kembali dari minat dan bakat setiap calon mahasiswi.

Berikut 5 jurusan kuliah di bidang Teknik yang cocok dan diminati perempuan, calon mahasiswi:

1. Teknik Biomedik

Jurusan Teknik Biomedik menjadi salah satu jurusan Teknik yang paling diminati perempuan. Pada jurusan ini, selain sains kita akan belajar tentang kesehatan dan teknologi kedokteran.

Baca juga: Ini Dia Jurusan UBSI Yang Membawa Kamu Ke Teknologi Masa Depan

Keilmuan tersebutlah yang menjadi daya pikat Teknik Biomedik bagi calon mahasiswi. Dengan prospek kerja di bidang kesehatan dan teknologi, kamu bisa berkarir di laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan farmasi, lembaga penelitian hingga pengembang perangkat lunak untuk kesehatan.

Berikut di antaranya PTN yang membuka jurusan Teknik Biomedik di Indonesia seperti UGM, Unair, UI, ITS dan ITB. Sedangkan untuk PTS antara lain Institut Teknologi Telkom dan Universitas Yarsi.

2. Teknik Kimia

Jurusan Teknik yang paling diminati calon mahasiswi selanjutnya adalah Teknik Kimia. Tingginya minat perempuan untuk kuliah di jurusan ini, tidak lepas dari prospek kerja yang ditawarkan nantinya.

Buat calon mahasiswi yang memilih jurusan Teknik Kimia, akan berkarir di bidang industri pangan, barang konsumsi, hingga kosmetik. Selain itu, kamu juga bisa berkarir di bidang industri petrokimia maupun minyak dan gas.

Nah, ini adalah daftar PTN yang menerima calon mahasiswa/i jurusan Teknik Kimia diantaranya ITB, UGM, UI, ITS dan Undip. Sedangkan untuk PTS-nya seperti Institut Teknologi Nasional, Universitas Katolik Parahyangan, dan Universitas Pertamina.

3. Teknik Industri

Teknik industri dibagi menjadi tiga bidang keahlian, yaitu sistem manufaktur, manajemen industri, sistem industri dan tekno ekonomi. Dengan banyaknya bidang keahlian yang dipelajari, menjadi alasan kepopuleran jurusan ini dikalangan calon mahasiswi.

Berbicara tentang prospek kerjanya, Teknik Industri memiliki jenjang karir yang cukup luas. Mungkin hal ini juga yang menjadi daya tarik kaum hawa memilihnya. Cakupan karir Teknik Industri diantaranya di bidang manufaktur, pengolahan data, sistem informasi, keuangan, pemasaran, manajemen dan konsultan SDM.

Adapun PTN yang memiliki jurusan Teknik Industri di kampusnya yaitu UI, UGM, ITB, Unbraw, dan Undip. Selain di PTN, kamu juga dapat menemukan jurusan ini di PTS terkenal seperti Universitas BSI, Universitas Pancasila, dan Institut Teknologi Nasional.

4. Teknik Sipil

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Teknik Sipil. Ini juga yang menjadi dasar bukan hanya pria yang bisa berkarir dalam urusan bangunan. Peluang kerja lulusan Teknik sipil bagi wanita juga tak kalah dengan peluang lulusan pria.

Prospek kerja Teknik Sipil di Indonesia ini sangatlah cerah. Kita ketahui Indonesia masih menjadi negara berkembang dan sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur.

Baca juga: Ini Cara Prodi Teknik Elektro Tingkatkan Kualitas Kurikulum

Berikut prospek kerja lulusan Teknik sipil yaitu bagian perencanaan dan pengembangan real estate, konsultan properti, sales perusahaan konstruksi, surveyor tanah, hingga kontraktor.

Nah, ini lho PTN yang menyediakan jurusan Teknik Industri diantaranya ITB, UI, UGM, ITS, dan Unbraw. Sementara itu, untuk PTS populer yang sediakan jurusan Teknik Sipil antara lain Universitas Binus, Institut Teknologi PLN, dan Universitas Pancasila.

5. Teknik Elektro

Seperti ada yang kurang, jika tidak menyebutkan jurusan yang satu ini. Sebagai jurusan Teknik paling tua, teknik elektro berfokus pada bidang ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Calon mahasiswi Teknik Elektro akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produk perangkat listrik dan elektronik. Prospek kerja jurusan ini antara lain product manager, bagian perancangan produk otomotif, perancang & teknisi mesin, teknisi robot, dan teknisi listrik tentunya.

ITB, UI, UGM, ITS, dan Unbraw merupakan beberapa PTN yang mempunyai jurusan Teknik Elektro. Sedangkan, berikut rekomendasi PTS terkenal memiliki jurusan Teknik Elektro yaitu Universitas Pancasila, Universitas BSI, Institut Teknologi Telkom dan Institut Teknologi Nasional.(ACH)

1 Comment
  1. gladies says

    thanks for sharing

Leave A Reply

Your email address will not be published.