Trik Rahasia Gunakan Power Point

1 604

Pengabdian masyarakat universitas BSI

Bogor, BSINews – Kemajuan teknologi di Indonesia, tentunya harus dibarengi dengan kualitas SDM yang berkualitas. Berbagai teknologi baru yang memudahkan pekerjaan manusia, belum diimbangi dengan kecekatan manusia dalam menggunakan teknologi tersebut. Termasuk, dalam mempercantik tampilan presentasi dengan Power Point.

Bahkan, beberapa orang masih merasa gaptek (gagap teknologi), hal ini membuat Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berkewajiban untuk memberikan pelatihan tentang pemahaman ilmu komputer.

Baca Juga : Universitas BSI Jalin Kerjasama Bidang Pengabdian Masyarakat Dengan LKSA Nurul Iman Karawang

Dosen yang beranggotakan Dicky Hariyanto, Enok Tuti Alawiah, Helina Apriyani dan Rahmat Tri Yunandar, sukses melakukan pengabdian masyarakat untuk anggota Karang Taruna Desa Parakan Kecamatan Ciomas, Bogor secara daring melalui zoom, Sabtu (11/9).

Bertindak sebagai ketua pelaksana, Dicky Hariyanto mengungkapkan bahwa, pelatihan yang diberikan ialah penggunaan Microsoft power point untuk membuat slide menarik. Menurutnya, Karang Taruna Ciomas merupakan salah satu komunitas yang memiliki banyak agenda sehingga banyak melakukan presentasi.

“Pelatihan ini mengajak para anggota karang taruna untuk membuat slide presentasi yang menarik melalui Microsoft power dengan menerapkan beberapa shortcut rahasia yang jarang digunakan oleh orang lain. Padahal itu, bisa membantu kita mempercepat desain presentasi secara efisien dan efektif. Microsoft power point memiliki beberapa fitur yang belum banyak diketahui orang, salah satunya hotkeys,” ungkapnya dalam rilis yang diterima, Senin (20/9).

Trik rahasia power point dengan shortcut

Rahmat Tri Yunandar selaku tutor menjelaskan bahwa, Microsoft power point merupakan salah satu software yang sering digunakan untuk merancang bahan presentasi dalam bentuk slide. Tentunya dibalik fitur yang disediakan oleh Microsoft power point, masih banyak trik rahasia yang bisa mempercepat waktu pembuatan slide.

“Penggunaan master shortcuts dan hotkeys jarang digunakan oleh orang, kebanyakan mereka hanya memilih secara langsung melalui menu yang telah tersedia. Padahal, kita bisa mengaktifkan pintasan hotkey dengan mengklik tombol kombinasi alt F, N, H, G, A dan lain-lain pada keyboard untuk mengkases bagian Ribbon dan menjalankan perintah. Selain itu, ada pula fitur selection and visibility pane yang hampir tidak pernah digunakan oleh orang. Padahal fitur ini, berguna untuk menyembunyikan elemen di layer sehingga kita bisa fokus dengan layer yang sedang dikerjakan,” jelas Rahmat.

Baca Juga : HIMSI UBSI Pontianak Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Desa Kubu

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Parakan, Masri Sunarna menyampaikan bahwa pelatihan yang diberikan oleh dosen Universitas BSI sangat bermanfaat dan mudah untuk langsung diterapkan oleh anggota karang taruna. Ia beranggapan bahwa perkembangan teknologi tentunya harus membuat orang semakin berkembang pula.

“Kita tidak boleh ketinggalan zaman dengan perkembangan teknologi, berbagai pelatihan yang digelar oleh dosen Universitas BSI ini, sangat bermanfaat dan semoga kedepannya tetap terjalin silaturahmi antara kampus Universitas BSI dengan Karang taruna Desa Paraka, Ciomas,” tutup Masri.(MKU)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Trik Rahasia Gunakan Power Point […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.