Agar Mudah Bekerja atau Membuka Usaha, Mahasiswa Harus Persiapkan Beberapa Hal Ini

0 20

Pengabdian Masyarakat

Yogyakarta, BSINews – Situasi sulit saat pandemi, membuat banyak orang harus kehilangan pekerjaan mereka sebagai sumber mata pencahariannya. Namun, disisi lain, banyak juga yang sukses dengan menghadirkan inovasi-inovasi terbarukan yang bisa mendorong roda perekonomian tetap berjalan.

Masih dalam suasana Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) membuat rangkaian acara, dengan menghadirkan juga seminar Tematik, sebagai penyambutan untuk mahasiswa baru (maba).

Baca Juga : Pentingnya Digital Marketing, Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran di Era Sekarang

Melalui unit BSI Center, yang didalamnya ada BSI Career Center (BCC) dan BSI Entrepreneur Center (BEC), Universitas BSI kampus Yogyakarta dan Solo, edukasi maba dengan mengangkat tema seminar “Strategi Survive Mendatangkan Income di Era Pandemi Covid 19”.

Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui zoom, pada Kamis (23/9) silam, dengan mendatangkan alumni sukses. Dalam tema tersebut, mengaitkan kesuksesan alumni dan persiapan dalam masa pandemi dari sisi karier dan entrepreneur bagi maba Universitas BSI.

Koordinator BSI Center Universitas BSI kampus Yogyakarta dan Solo, Noor Hasan menyebutkan tujuan dari seminar Tematik ini. Menurutnya, hadirnya seminar Tematik, untuk menyambut maba dan mengedukasi mereka, agar bersiap di era pandemi untuk menyongsong masa depan gemilang.

“Mahasiswa baru harus paham, tentang keadaan sekarang yang memang tidak mudah dalam mendapatkan apa yang mereka inginkan. Akan tetapi disisi lain, ada kemudahan jika mampu menghadirkan inovasi yang bisa membuat manfaat bagi banyak orang,” ujar Hasan, dalam sambutannya saat acara, Kamis (23/9).

Maka dari itu, Hasan berharap, nantinya maba akan berperan aktif dalam mengikuti kegiatan yang digelar oleh BCC dan BEC, saat perkuliahan berlangsung. Tentunya, hal tersebut, bisa menambah sofskill bagi mereka, agar bersiap menghadapi dunia karier dan membuka peluang berwirausaha.

Narasumber yang hadir merupakan alumni dari Universitas BSI kampus Yogyakarta dari program studi (prodi) Perhotelan, Katarina Jessica. Saat ini, Katarina sukses berkarier sebagai Marketing and Branding Manager Harris Pop Hotel Surakarta.

Sementara satu pembicara lagi adalah Prapti Agus Setyowati, lulusan prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Yogyakarta. Kesibukannya sekarang, ia mengurus centrakertas.com dan cetakpaperbag.id, yang memproduksi pembuatan paperbag.

Keduanya memberikan pengalaman mereka, terutama memberikan suntikan motivasi bagi para maba, agar lebih bisa memanfaatkan waktu belajar di kampus, untuk mempersiapkan karier mereka kedepan.

“Sebenarnya, untuk memilih karier yang tepat, memang sebisa mungkin sesuai dengan passion kita. Yang jelas, semuanya harus bisa dipersiapkan dari saat ini. Mulai dari mendisiplinkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat berkembang,” ujar Katarina saat memberi materi.

Dalam dunia kerja, kemampuan softskill lebih utama dan itu bisa didapat, dengan mengolah pemikiran, dari apa yang akan dipelajari di kampus.

“Tidak hanya aktif di kelas saja, tapi harus aktif juga dalam mengikuti kegiatan organisasi kampus, serta mengikuti kegiatan tambahan dari kampus, seperti seminar, workshop atau pengabdian masyarakat. Dengan begitu, kita akan paham apa sebenarnya yang sedang dibutuhkan saat ini. Dan kita bisa persiapin itu,” jelasnya.

Baca Juga : Cara Belajar Digital Marketing Dari Aplikasi TikTok

Terutama dari segi inovasi, katanya, harus mampu dihadirkan, jika ingin memberi kesempatan orang lain untuk bekerja. Hal tersebut disampaikan Prapti Agus Setyowati, owner centrakertas.com dan cetakpaperbag.id.

“Untuk bisa bertahan di era pandemi ini, harus mampu menghadirkan inovasi yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Terutama saat kamu ingin membuka bisnis kamu sendiri. Kamu harus bisa menempatkan diri di tengah-tengah masyarakat. Apa sekiranya yang dibutuhkan sekarang. Nah, inovasi itu harus kita hadirkan dari sana,” paparnya.(MKU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.