Keren ! Mahasiswa Universitas BSI Lolos Program MBKM BRIN

2 24
Mahasiswa Universitas BSI Lolos Program MBKM BRIN
Foto : Acara Program MBKM BRIN

JAKARTA, BSINews –  Sebuah prestasi yang sangat membanggakan bagi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), tercatat sepuluh mahasiswa Universitas BSI berhasil lolos seleksi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Tiga mahasiswa berasal dari program studi (prodi) Ilmu Komunikasi dengan skema magang. Kemudian tujuh mahasiswa dari prodi Teknologi Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), masing-masing lima mahasiswa dengan skema magang dan dua mahasiswa lainnya dengan skema riset.

Baca juga: Dukung Program MBKM Mahasiswa Universitas BSI Pilih Studi Independen

Nama-nama mahasiswa tersebut diantaranya Abu Hanifah, Aulia Rizky Ramaditya, Sulthon Robby Firly, Muhammad Difa Nugrahadi, Elza Susana Tupamahu, Alfian Dwi Prayoga, Onydia Sitty Rahma, Miranti Aisyiah Putri, Amelia Putri Salsabila serta Rama Pudjayadi.

Capaian yang diperoleh oleh mahasiswa dari prodi Ilmu Komunikasi, Teknologi Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) tersebut, tidak lepas dari jerih payah seluruh civitas akademik Universitas BSI.

Anisti selaku ketua prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI, merasa optimis bahwa kedepannya jumlah mahasiswa ilmu komunikasi yang akan lolos program MBKM akan bertambah.

“Mengingat animo mahasiswa tersebut cukup tinggi dengan program-program sejenis yang diadakan oleh pemerintah ataupun pemangku kepentingan terkait,” ujar Anisti, Senin (4/10).

Ia juga menegaskan mengenai tujuan program MBKM BRIN,  sangat membantu prodi yang dipimpinnya untuk menciptakan lulusan yang handal tidak hanya pada kompetensi hard skill, namun juga soft skill.

Disisi lain, ketua prodi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Universitas BSI, Ahmad Setiadi mengakui sangat terbantu dengan adanya program MBKM yang diadakan oleh pihak BRIN. Para mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan membangun kompetensi baru dalam kegiatan pembelajaran.

“Program MBKM BRIN ini mampu menyiapkan lulusan yang tangguh dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan teknologi yang semakin berkembang pesat juga berdaya saing tinggi,” ungkap Ahmad, Senin (1/10).

Kesepuluh mahasiswa yang lolos tersebut beserta para dosen pembimbingnya diundang untuk hadir dalam program pembukaan, sekaligus arahan program MBKM BRIN secara daring melalui zoom.

Setelah resmi dibuka, maka rencananya para mahasiswa yang lolos ini akan mengikuti skema yang telah dipilih sebelumnya selama 25 minggu atau kurang lebih satu semester dan setara sampai dengan 20 sks.

“Selama periode tersebut mahasiswa berinteraksi dengan dosen pembimbing, melakukan laporan atau log aktivitas pada waktu yang telah ditentukan, dan pada akhir proses akan ada evaluasi dan penilaian dari pihak BRIN,” bebernya.

Proses diterimanya sepuluh mahasiswa ini, diawali dengan kerja sama Universitas BSI dengan BRIN yang sebelumnya dikenal dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Kerja sama tersebut dilakukan secara terpusat antara rektorat Universitas BSI dengan lembaga BRIN. Setelah itu, mahasiswa yang bersangkutan melakukan pendaftaran dan pengunggahan dokumen yang diprasyaratkan sebelumnya melalui E-Layanan Sains (ELSA) LIPI. Selanjutnya pihak BRIN akan melakukan proses seleksi serta verifikasi,” terangnya.

Baca juga :Universitas BSI Bekali Lulusan Melalui Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Lanjutnya, tujuan program MBKM yang dibuat oleh BRIN ini, sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam memberikan hak kepada mahasiswa untuk belajar tiga semester, selain dengan materi yang terdapat pada prodi yang dipilihnya.

“Dengan demikian, diharapkan akan tercipta peningkatan kompetensi lulusan, mencetak pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian, serta memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan potensinya,” tandasnya. (RDX)

2 Comments
  1. […] Baca Juga : Keren ! Mahasiswa Universitas BSI Lolos Program MBKM BRIN […]

  2. […] Baca Juga : Keren ! Mahasiswa Universitas BSI Lolos Program MBKM BRIN […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.