Teknik Mudah Membuat Laporan Dengan Pivot Table

0 8

belajar pivot table

Purwakarta, BSINews – Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Program Studi Sistem Informasi kampus Karawang, melakukan pengabdian masyarakat di Yayasan Raudhah Syarifah Kampung Sindang Reret Dangdeur Bungursari Purwakarta Jawa Barat, yang dilakukan secara daring via zoom, pada Minggu (03/10).

Anus Wuryanto selaku pemateri dibantu tim dosen dan mahasiswa dari Universitas BSI menjelaskan materi pelatihan berupa ‘Penyusunan Laporan Kegiatan Dengan Pivot Table dan Grafik’.

Baca Juga : 7 Rumus Excel Dasar, Sobat BSI Wajib Tahu dan Kuasai!

Menurutnya, powerfull-nya Pivot Table merupakan fitur dalam Microsoft Excel yang bisa digunakan dalam melakukan analisis data, mengelompokkan dan meringkas data, sehingga Pivot Table ini memberikan kemudahan dalam mengolah dan mengambil informasi dari kumpulan data yang jumlahnya besar, namun bisa diselesaikan dengan waktu yang relatif cepat.

“Dalam kegiatan pelatihan ini peserta kami ajarkan mengenai pivot table, sehingga mereka dapat membuat dan menganalis laporan dengan melihat perbandingan, pola dan tren dalam data yang dimiliki,” ujar Anus.

Anus juga menambahkan bahwa dengan pemberian materi yang diberikan diharapkan peserta Yayasan Raudhah Syarifah dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk pengelolaan Yayasan.

“Kami selaku dosen dari Universitas BSI, sangat mengharapkan para peserta dapat memahami materi yang diberikan. Tidak hanya sekedar memahami namun juga dapat langsung dipraktekan untuk mengelolah yayasan,” jelas Anus.

Baca Juga : Komunitas Bogor Mengabdi Mengenal Olah Angka Dengan MS. Excel

Ia juga menegaskan bahwa kegiatan pelatihan ini tidak hanya berhenti sampai disini, namun juga kedepannya dapat terus terjalin kerjasama.

“Meski pelatihan telah usai, kami ingin kedepannya pelatihan dapat dilakukan dengan materi yang berbeda. Karena tim dosen Universitas BSI sangat senang dapat saling berbagai ilmu pengetahuan dengan masayarakat umum khusunya peserta yayasan Raudhah Syarifah,” tutup Anus.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.