Ikuti Pelatihan Public Speaking, Para Siswa Tak Gemetar Lagi Berbicara di Depan Umum

1 9

PM dosen universitas BSI Public Speaking

Depok, BSINews Public speaking adalah teknik berbicara di depan publik. Untuk memiliki keahlian public speaking yang baik, maka dibutuhkan latihan yang keras dan cerdas. Mulai dari latihan vocal, gesture hingga penguasaan masalah.

Penguasaan teknik public speaking yang baik dapat menumbuhkan rasa percaya diri, saat tampil di depan orang banyak. Hal tersebut merupakan skill yang bisa diasah, dan diperlukan oleh banyak kalangan. Misalnya bagi pelajar, pemuda bahkan seorang tenaga pengajar. Karena mereka sering menyampaikan, jadi sangat butuh keahlian ini.

Baca Juga : Yuk Kenali Teknik Public Speaking di Era Milenial

Kelompok dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), menyelenggarakan pelatihan public speaking, bagi anak-anak SMP di Yayasan Panti Asuhan Sakinah, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Kegiatan tersebut, terselenggara secara daring melalui zoom, pada Sabtu (23/10).

Roosita Cindrakasih, menjadi narasumber dalam pelatihan ini. Ia mengatakan, public speaking sangat penting agar mudah mewujudkan goal, terutama dalam negosiasi atau presentasi di kelas.

“Keahlian public speaking sangat penting, terutama harus dipunyai oleh para pelajar dan pemuda. Dengan begitu, mereka akan bisa lebih mudah untuk menceritakan dengan baik, apa yang ingin disampaikan,” ujarnya, saat menyampaikan materi.

Sementara itu, Eni Saeni, selaku ketua PM mengungkapkan, pelatihan ini diadakan untuk mengasah bakat para siswa, berbicara di depan publik dan memiliki rasa percaya diri saat menjadi pembicara, MC atau bertugas menjadi moderator. 

“Kami berharap, melalui pelatihan ini, anak-anak di Panti Asuhan Sakinah tidak takut dan malu jika harus berbicara di depan umum,” tegasnya.

Para siswa Panti Asuhan Sakinah, mengikuti kegiatan pelatihan public speaking ini dengan penuh antusias. Mereka merasa terinspirasi menjadi public speaker, setelah mendapatkan pemaparan tentang kisah-kisah para public speaker.

Seperti diungkapkan Adinda, salah satu peserta yang sekarang lebih berani untuk berbicara di depan umum. “Pengetahuan saya bertambah mengenai public speaking. Saya jadi tertantang, agar bisa berani berbicara di depan orang banyak,” ucapnya.

Sementara itu, menurut Mega, yang juga peserta, juga tidak lagi merasa gemetar lagi saat akan berbicara di depan umum.

“Pelatihan ini membuat saya berpikir, untuk berani tampil di depan umum. Saya juga ingin ini terus berlanjut, agar kami disini semakin bertambah wawasannya, terutama mengenai public speaking,” jelasnya.

Muhammad Andri Maulana, Ketua Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok, menuturkan bahwa materi public speaking, berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri anak asuhnya.

“Ini sangat bagus untuk memacu motivasi dan semangat siswa agar lebih berani dan mampu eksplor
keahlian yang dimilikinya. Pelatihan ini sejalan dengan kegiatan yang sudah dilakukan di Panti Asuhan Sakinah.
Kebetulan disini ada kegiatan muhadhoroh setiap malam minggu, ada latihan MC dan tausiyah juga, jadi bisa menunjang kegiatan kami di sini,” kata Andri.

Baca Juga : Prodi Public Relations, Tingkatkan Kompetensi Profesionalisme

Ia berharap, kegiatan ini dapat digelar kembali di lain waktu. “Kami bersyukur atas kegiatan dari dosen-dosen dari Universitas BSI yang telah berbagi ilmu pengetahuan untuk anak-anak kami. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka terkait public speaking,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan PM ini, merupakan salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang wajib dijalankan oleh para dosen. Ini juga membuktikan, bahwa para dosen atau tenaga pendidik di lingkungan perguruan tinggi, selalu ikut berkontribusi dalam peningkatan kualitas masyarakat.(MKU)

1 Comment
  1. […] Baca Juga:Ikuti Pelatihan Public Speaking, Para Siswa Tak Gemetar Lagi Berbicara di Depan Umum […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.