Tingkatkan Karier Dosen Melalui Kenaikan Pangkat

1 15
Karier Dosen

Jakarta, BSINews–Dosen merupakan ujung tombak dari sebuah perguruan tinggi. Perguruan tinggi memiliki kualitas yang unggul, jika para dosen mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi setara dengan jenjang S3, kemudian aktif dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat serta memiliki Jabatan Fungsional Akademik (JFA).

Bagian Pengembangan Dosen (Bangdos) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar sosialisasi dengan mengusung tema “Sosialisasi Ajuan JFA Lektor dan Lektor Kepala”, Senin (25/10) lalu. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring, terbagi dalam dua sesi, sesi pertama pukul 10.00-12.00 WIB dan sesi kedua pukul 19.30-21.00 WIB. Acara ini menghadirkan narasumber Dahlia Sarkawi, selaku kepala Bangdos dan Anggi Oktaviani selaku narasumber kedua. Hadir pula Yuri Rahayu dan Kurniawan Prambudi Utomo, memberikan motivasi berupa testimoni.

Baca juga: Ecobrick, Ide Alternatif Pemanfaatan Sampah Plastik oleh Tim PHP2D Universitas BSI

Tingkatkan Karier Dosen

Dahlia Sarkawi mengatakan seorang dosen tentu mempunyai impian memiliki JFA sampai jenjang Guru Besar yang merupakan peningkatan karier dosen yang paling tinggi.

“Kegiatan sosialiasi ini bertujuan untuk meningkatkan karier dosen di lingkungan Universitas BSI, peningkatan karier dosen dapat dilakukan melalui naik pangkat bagi dosen yang sebelumnya telah memiliki JFA Lektor 200 ke Lektor 300 atau dari Lektor 300 ke Lektor Kepala,” ungkapnya dalam materi yang disampaikan, Senin (25/10).

Selanjutnya, untuk meningkatkan karier dosen, para dosen Universitas BSI diharapkan mulai menyiapkan soft file bidang A, B, C dan D yang nanti diupload di aplikasi https://sijali-lldikti3.kemdikbud.go.id untuk ajuan jabatan fungsional akademik asisten ahli sampai dengan lektor.

“Sedangkan untuk pengajuan jabatan fungsional akademik Lektor Kepala selain melalui aplikasi https://sijali-lldikti3.kemdikbud.go.id, aplikasi yang dipakai untuk penilaian selanjutnya melalui https://pak.kemdikbud.go.id/portalv2/, “ ujarnya.

Sementara itu, Anggi Oktaviani selaku narasumber kedua menjelaskan dosen dapat naik jabatan regular dari Asisten Ahli ke Lektor serta Lektor ke Lektor Kepala atau dapat loncat jabatan dari Asisten Ahli ke Lektor Kepala.

“Sedangkan untuk proporsi pemenuhan angka kredit sesuai lampiran IV. PermenpanRB 17/2013, apabila dosen ingin naik pangkat ke Lektor Kepala maka untuk bidang penelitian yang harus disiapkan lebih besar sama dengan 40%,” katanya.

Ia menegaskan untuk naik pangkat ke Lektor Kepala maka para dosen harus memiliki Jurnal Nasional Terakreditasi Dikti bagi yang berpendidikan S3 sebagai penulis pertama atau tunggal.

“Dan bagi dosen yang berpendidikan S2, maka mereka harus memiliki Jurnal Internasional Bereputasi sebagai penulis pertama atau tunggal,” tandasnya.

Baca juga: Hasilkan Lulusan Berkarakter, Program Studi Manajemen Universitas BSI Kembangkan Bahan Ajar

Pada kesempatan yang sama, Yuri Rahayu berbagi cerita dengan memberikan testimoni, katanya, saat pengajuan jabatan fungsional akademik diperlukan kesabaran dan tidak pantang menyerah. Segala usaha yang baik, pasti membuahkan hasil yang baik pula.

“Manakala ajuan ada revisi ya segera direvisi dan diajukan kembali, lalu bersabar untuk menunggu penilaian berikutnya. Yang penting harus istiqomah dan lurus niat,” pesannya. (UMF)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Tingkatkan Karier Dosen Melalui Kenaikan Pangkat […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.