Tren Pembelajaran Hybrid, Saat PTM Dibuka

1 34

Metode pembelajaran dengan teknologi komputer

Jakarta, BSINews – Pengabdian Masyarakat (PM) merupakan kewajiban bagi para dosen, setiap semesternya, diluar kegiatan pengajaran dan penelitian. Hal tersebut, tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang juga sebagai pengamalan ilmu dari para dosen, sebagai kaum intelektual, terhadap masyarakat luas.

Kali ini, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan kegiatan PM, dengan melakukan pelatihan ” Metode Pembelajaran Dan Percakapan Bahasa Inggris Melalui Media Teknologi Komputer”, pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), Wisma Karya Bakti, jl. Curug Gg. Galuh, Rt.03/10, Kel. Curug, Kec. Bojongsari, Kota Depok. Acara berjalan secara daring, melalui zoom, pada Sabtu (23/10) silam.

Baca Juga : Tingkatkan Pengajaran Anak Dengan Simulasi Pembelajaran

“Tema ini kami pilih, karena perlunya pengalaman dan pemahaman lebih, dalam menciptakan metode pembelajaran dan percakapan bahasa Inggris, melalui teknologi komputer. Hal ini tentu akan sangat efektif bagi pelajar, karena dengan teknologi, bisa belajar lebih atraktif dengan menghadirkan teks, grafik, audio serta video,” kata Priatno, selaku ketua pelaksana PM.

Teknologi komputer, bisa menjadi alat bantu dalam proses belajar, terutama dari sistem belajar daring yang diterapkan saat ini.

“Materi pembelajaran bisa dibuat se-interaktif mungkin, agar dapat menarik dan memudahkan pemahaman pada anak-anak di lembaga kesejahteraan sosial anak wisma karya bakti,” ujarnya.

Pandemi Covid-19, yang belum kunjung usai, membuat kegiatan belajar masih berlangsung secara daring, yang berangsur-angsur akan berubah menjadi offline, saat pembukaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), di berbagai daerah diterapkan.

Baca Juga : Metode Pembelajaran Daring, Bisa Efektif dengan Materi Video Pembelajaran

Akan tetapi, menurut Priatno, pembelajaran kedepannya, akan menggabungkan kelas online dan offline. “Meski sekarang berangsur-angsur pandemi turun, kegiatan pembelajaran online, akan tetap dipakai. Dan nantinya akan di gabung, jadi pembelajaran secara hybrid,” jelasnya.

Pasalnya, lanjut Priatno, kebiasaan belajar daring, menjadi tren baru dan penggunaan teknologi itu tidak bisa dihilangkan, meski keadaan semakin normal. “Malah justru akan semakin dikembangkan,” tutupnya.(MKU)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Tren Pembelajaran Hybrid, Saat PTM Dibuka […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.