Tingkatkan Citra Sekolah Melalui Tracer Study

0 338

Tracer Study Untuk Tingkatkan Citra Sekolah

Bogor, BSINews – Tracer Study adalah studi pelacakan jejak lulusan/alumni dan biasanya dilakukan kepada alumni 2 tahun setelah lulus. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan citra sekolah dengan meningkatkan kurikulum yang ada. Namun untuk beberapa sekolah, hal ini masih sukar untuk dilakukan karena susahnya akses kepada alumni.

Menanggapi hal tersebut, para dosen prodi Manajemen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan Pengabdian masyarakat (PM). PM merupakan salah satu kegiatan bagi para dosen, dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan.

PM yang diketuai oleh Alan Budi Kusuma dengan anggota Frida Aprillia, Iwan Supriyanto, Susie Sugiarti beserta beberapa mahasiswa Universitas BSI. Mereka melalukan PM berupa penyuluhan pemanfaatan google form untuk meningkatkan citra di Madrasah Al Muhajirin, Bogor secara daring melalui zoom, Sabtu (9/10).

Alan menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan PM diantaranya sebagai kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi serta untuk mengembangkan ilmu kepada masyarakat.

“Sehubungan dengan upaya pencegahan pandemi covid-19, Pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan secara daring melalui zoom,” tutur Alan, Sabtu (9/10).

Baca Juga : UBSI Memperkenalkan Social Media Engagement di Instagram dalam Pengabdian Masyarakat

Kemudian, PM ini dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang pemanfaatan google form untuk meningkatkan citra di Madrasah Al Muhajirin, Bogor oleh Frida selaku tutor.

“Penyampaian mater ini meliputi tentang apa itu google form, manfaat google form, cara kerja google form, apa itu tracer study, tujuan tracer study, contoh tracer study, penyortiran data, dan output data,” ujar Frida, Sabtu (9/10).

Ia menjelaskan, setiap lembaga pendidikan perlu memperhatikan standar kelulusan siswanya. Standar kelulusan yang dicapai tidak hanya dilihat dari kondisi alumni saat lulus, namun juga kondisi dan prestasi alumni di tempat selanjutnya.

“Studi pelacakan alumni (Tracer Study) adalah proses pendataan alumni dengan tujuan menggali informasi terkait dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan untuk mengetahui masa transisi dari dunia sekolah menuju dunia kerja/kuliah. Serta untuk menganalisis tingkat kompetensi yang diperoleh saat sekolah dan implementasinya dalam dunia kuliah/kerja,” pungkasnya.

Baca Juga : Tingkatkan Pengajaran Anak Dengan Simulasi Pembelajaran

Tingkatkan Kualitas Sekolah dengan Tracer Study

Ia mengatakan, tracer study sangat bermanfaat untuk sekolah sebagai bahan masukkan untuk penyempurnaan kurikulum yang sudah ada, pengembangan materi pelajaran dan keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kampus dan kerja. Juga sebagai data untuk akreditasi sekolah yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM).

“Output dari tracer Study dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan citra sekolah, dengan mempublikasikan alumni yang berprestasi, alumni yang menjadi public figure, ataupun mempublikasi hasil Tracer Study di website/sosial media,” tukasnya.

Ia memaparkan, kegiatan penyuluhan, khususnya edukasi mengenai pemanfaatan google form untuk mengumpulkan data dan informasi alumni Madrasah Al Muhajirin.

“Semoga dapat meningkatkan pengetahuan pengurus yayasan dan para guru sehingga mendorong sikap positif mengenai tracer study yang dapat digunakan sebagai media meningkatkan citra Madrasah Al Muhajirin sebagai sekolah yang memiliki alumni yang berprestasi,” tandasnya. BLL / ACH

Leave A Reply

Your email address will not be published.