Penguatan Pengelolaan SPMI Universitas BSI

0 3
Penguatan Pengelolaan
Penguatan Pengelolaan

Jakarta, BSINews–Penguatan pengelolaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Rangkaian kegiatan dalam program bantuan pengembangan SPMI tahun 2021 Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), pendanaan yang berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program yang dilaksanakan dalam rangka upaya peningkatan mutu di lingkungan Universitas BSI dari tingkat institusi, fakultas maupun program studi.

Universitas BSI memiliki 42 program studi dan memiliki Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang tersebar di sembilan Kotamadya/Kabupaten. Peningkatan mutu di tingkat PSDKU masih terus dilakukan dengan berkomitmen bahwa penjaminan mutu dilaksanakan dengan tepat. Pada kesempatan ini, Universitas BSI menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di tingkat PSDKU. Adanya kegiatan sosialisasi ini, akan semakin menumbuhkan semangat peningkatan mutu untuk memenuhi standar SPMI secara berkelanjutan. Kegiatan dilaksanakan secara virtual pada Kamis (4/11), pukul 08.30 WIB.

Acara dihadiri oleh Wakil Rektor, Dekan, Kepala Bagian/Unit, Kepala Kampus, dan Ketua Program Studi dan dipandu oleh moderator Nia Nuraeni, dengan diawali  menyanyikan lagu kebangsaaan Indonesia Raya.

Baca juga: https://news.bsi.ac.id/tingkatkan-kualitas-pengelolaan-guna-capai-sasaran/ 

Penguatan Pengelolaan SPMI

Diah Puspitasari, selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang telah bersedia hadir untuk berdiskusi dan berbagi ilmu tentang pengelolaan SPMI di tingkat PSDKU. Ia mengajak para peserta yang hadir dapat mencermati papar materi dari narasumber, sehingga mampu memperkuat pemahaman tentang bagaimana pelaksanaan penjaminan mutu internal dan dapat menjadi suatu kekuatan, menjadi suatu bagian sistem dukungan yang baik untuk kemajuan Universitas BSI.

“Mari bergerak bersama bergandeng tangan dalam penguatan pengelolaan SPMI, mari kita niatkan dengan baik, berproses dengan baik, bertransformasi menjadi lebih baik dan insya allah nantinya akan memberikan manfaat baik seluas-luasnya untuk banyak pihak. Terima kasih bapak/ibu yang bersedia mengikuti sosialisasi ini, kiranya kegiatan ini menjadi forum yang berkah dan penuh manfaat untuk kita semua,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (8/11).

Sementara itu, Dr Dra Ienneke Indra Dewi, selaku narasumber dan sebagai Tim SPMI Dikti memaparkan bahwa ada perbedaan pengelolaan SPMI di kampus PSDKU. Bagian terpenting yaitu faktor dasar dalam pengelolaan SPMI di PSDKU, yang harus dicermati yaitu semangat dan jiwanya. Hal yang paling berhubungan erat dengan pengelolaan penjaminan mutu ialah struktur organisasi dan visi misi.

“Struktur Organisasi melihat posisi dan hubungan antara kampus pusat dan PSDKU seperti apa. Kemudian bagaimanakah kampus pusat akan berfungsi sebagai fakultas yang menaungi prodi di PSDKU atau kampus PSDKU untuk program studinya. Siapa yang akan berpengaruh dalam kampus tersebut dan harus ada pimpinannya,” pungkasnya.

Ia menjelasakan yang berkaitan erat dengan pengelolaan SPMI itu ialah Visi dan Misi. Karena visi misi menentukan arah institusi mau kemana.

“Visi misi ini secara prinsip, diminta oleh BAN-PT maupun LAM. Visi fakultas harus selaras dengan visi Universitas, visi misi fakultas menaungi visi misi prodi yang di pusat maupun yang ada di PSDKU,” ungkapnya.

Visi misi PSDKU, imbuhmya harus menyesuaikan visi misi Universitas, sebab ada di satu fakultas, visi fakultas yang di pusat harus menaungi visi keilmuan yang ada di PSDKU.

Baca juga: BPMA Perkuat SPMI Lewat Pelatihan Sertifikasi Auditor Mutu Internal

“Manajemen SPMI yang terdiri dari Penetapan Standar, Pelaksanaan Standar, Evaluasi Pelaksanaan Standar, Pengendalian Pelaksanaan Standar, Peningkatan Standar harus sinergi dengan visi misi,” tandasnya.

Selanjutnya, ia berharap apa yang telah dipaparkan dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi terciptanya penjaminan mutu internal sesaui dengan yang diharapkan.

“Semoga apa yang disampaikan memberikan manfaat dan mohon maaf jika ada penyampaian yang tidak berkenan mohon dimaafkan dan berharap semoga Universitas BSI terus maju,” tegasnya. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.