Tingkatkan Kualitas Lulusan, Prodi Perhotelan Adakan Sarasehan dengan Dunia Kerja

1 83

BEKASI, BSINews – Dalam mengkaji ulang, sekaligus menyelesaikan penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia kerja, Program Studi Perhotelan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), menyelenggarakan kegiatan Sarasehan dengan tema “Sinkronisasi Kurikulum Program Studi Perhotelan dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja“. Sarasehan tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom, yang dihadiri Tim Unit Pengembangan Akademik, pada Rabu (15/12).

Kegiatan sarasehan menghadirkan narasumber dari industri yaitu RM Wijonarko yang merupakan Ketua Indonesian Food and Beverage Executive Association/IFBEA dan Daisha Nurul Hasti, yang merupakan HRD Hotel Satoria Jogja. Dalam paparannya, ia menerangkan bahwa, terdapat beberapa perbaikan mata kuliah di studi perhotelan.

Baca Juga: Keunggulan Prodi Perhotelan Yogyakarta Yang Telah Terakreditasi A

“Masih ada beberapa mata kuliah yang belum atau kurang relevan seperti di mata kuliah operasional restoran dan bar. Sedangkan, untuk mata kuliah Resto dan bar dapat di masukan materi Minuman Tradisional/Kearifan Lokal. Dan di mata kuliah Pemasaran Hotel, menjadi Sales and Marketing. Sementara itu, untuk mata kuliah restoran dan bar dapat dipecah menjadi Restoran, Bar dan banquet,” ucap Wijonarko.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Ani Wijayanti, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan ini akan ditindak lanjuti untuk memperbaiki kurikulum yang sudah ada, supaya dapat lebih baik kedepanya.

“Kita akan menyusun ide-ide untuk memperbaiki kurikulum yang ada dari para praktisi untuk peran lulusan/calon lulusan,” jelas Ani.

Baca Juga: Program Studi Perhotelan UBSI Dorong Generasi Milenial Untuk Berkarir di Jurusan Perhotelan

Sementara itu, Ariyanto, salah dosen yang tergabung dalam Tim Unit Pengembangan Akademik (UPA) juga menuturkan bahwa, untuk salah satu mata kuliah di prodi perhoten, diadakan Mata Kuliah Manajemen Kapal Pesiar.

“Untuk Mata Kuliah Manajemen Kapal Pesiar, mengingat industri kapal pesiar saat ini sangat luar biasa. Terlebi, prodi kita adalah Perhotelan yang mana Kapal Pesiar merupakan bagian dari Floating Hotel / Hotel Terapung,” tegasnya. (RDX)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Lulusan, Prodi Perhotelan Adakan Sarasehan dengan Dunia Kerja […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.