Persiapan Dosen Universitas BSI Ikuti Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022

8 91

JAKARTA, BSINews – Meningkatan kluster penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, menghasilkan kualifikasi akademik yang baik, meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian sosial dan profesional. Pengembangan keprofesionalan dosen, sangat terkait dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai kewajiban dosen untuk memenuhi tri dharma perguruan tinggi.

Berkaitan dengan upaya peningkatan luaran dosen di bidang penelitian dan akan dibukanya pengajuan proposal hibah penelitian oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam mengembangkan kualitas dosen, LPPM Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan Sosialisasi Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung secara daring, melalui Zoom, pada Rabu (22/12).

Baca Juga : WORKSHOP PENILAIAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN dan PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT RISTEK BRIN TAHUN 2021

Kegiatan sosialisasi ini terdiri dari dua sesi. Pada sesi pertama pukul 09.00-11.00 WIB dan sesi kedua pukul 14.00-16.00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Diah Puspitasari, selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik, dilanjutkan dengan sambutan dari Taufik Baidawi, selaku Ketua LPPM Universitas BSI.

Agus Junaedi, salah satu narasumber, memaparkan materi, tentang hibah penelitian dan Titik Misriati tentang hibah pengabdian kepada masyarakat. Sementara itu, disesi kedua pemaparan materi mengenai hibah penelitian oleh Rahmat Hidayat serta Asriyani Sagiyanto tentang hibah pengabdian masyarakat.

Asriyani Sagiyanto menjelaskan mengenai kategori dan skema penelitian akademi dan vokasi. Kewenangan pengusulan dilaksanakan berdasarkan pada klaster perguruan tinggi, dibagi menjadi skema penelitian dasar, skema penelitian binaan, skema penelitian pascasarjana dan skema kajian kebijakan strategis.

Sedangkan kewenangan pengusulan dan pengelolaan penelitian, didasarkan pada status klaster perguruan tinggi vokasi menjadi skema penelitian dasar, skema penelitian terapan dan skema peneltian pengembangan. Menurutnya, dengan mengikuti sosialisasi ini, dosen dapat membentuk kelompok dan menentukan tema yang diambil untuk dijadikan penelitian.

“Dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dosen dapat melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk menghasilkan inovasi baru dalam dunia pendidikan. Para dosen dapat membentuk kelompok-kelompok penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, menjelaskan skema proposal sesuai dengan Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pendidikan Tinggi 2022, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Asriyani.

Baca Juga: “Sharing dan Motivasi Dosen di Rumpun Komunikasi dan Bahasa Dalam Mendapatkan Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat”

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini, menurut Asriyani, terkait mengenai inovasi program dan strategi penulisan proposal. Ia menambahkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini juga memiliki beberapa tujuan.

“Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini memiliki beberapa tujuan seperti program pengabdian masyarakat sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi, mengembangkan model pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kondisi setempat, meningkatkan kapasitas pengabdian kepada masyarakat serta melakukan alih teknologi,” tutup Asriyani. (RDX)

8 Comments
  1. […] Baca juga: Persiapan Dosen Universitas BSI Ikuti Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022 […]

  2. […] Baca Juga : Persiapan Dosen Universitas BSI Ikuti Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022 […]

  3. […] Baca Juga : Persiapan Dosen Universitas BSI Ikuti Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022 […]

  4. […] Baca Juga : Persiapan Dosen Universitas BSI Ikuti Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022 […]

  5. […] Baca Juga : Persiapan Dosen Universitas BSI Ikuti Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022 […]

  6. […] Baca Juga : Persiapan Dosen Universitas BSI Ikuti Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022 […]

  7. […] Baca Juga : Persiapan Dosen Universitas BSI Ikuti Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022 […]

  8. […] Baca Juga: Persiapan Dosen Universitas BSI Ikuti Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022 […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.