Universitas BSI Kampus Pontianak Lakukan Audit Mutu Internal untuk Prodi SIA

1 6

PONTIANAK, BSINews – Berdasarkan peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti), bahwa sistem penjaminan mutu merupakan kegiatan ‘sistemik’ untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

Salah satu implementasi SPM Dikti yakni melalui AMI (Audit Mutu Internal). Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan AMI siklus II, yang telah dilaksanakan serempak di akhir tahun 2020 lalu.

Baca Juga : Audit Mutu Internal, Guna Jaga Mutu Prodi SIA Universitas BSI Kampus Karawang

Untuk mengetahui sudah terlaksananya standar yang masih membutuhkan tindakan koreksi, maka Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan kembali AMI siklus III untuk seluruh program studi yang ada di Universitas BSI.

Audit Mutu Internal rutin digelar setiap tahunnya

Program studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI kampus Pontianak telah melaksanakan AMI siklus III pada 28–30 Desember 2021 silam secara daring melalui zoom.

Kegiatan audit ini, dihadiri langsung oleh ketua program studi Sistem Informasi Akuntasi Universitas BSI kampus Pontianak Lisnawanty sebagai auditee dan kepala kampus Universitas BSI kampus Pontianak Eri Bayu Pratama, serta yang bertindak sebagai auditor diantaranya Dewi Ayu Nur dan Jamal Maulana Hudin.

Menurut kepala Badan Penjaminan Mutu dan Akreditasi (BPMA) Universitas BSI, Lita Sari Marita, audit mutu internal merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Universitas BSI. Khususnya melalui BPMA untuk meningkatkan kualitas seluruh program studi melalui evaluasi pencapaian standar mutu.

“Ada 8 standar pembelajaran yang di audit diantaranya standar kompetensi lulusan, standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan pembelajaran dan standar pembiayaan pembelajaran,” jelas Lita, Kamis (30/12).

Sementara itu, Jamal menjelaskan, dari sejumlah permintaan tindakan koreksi yang diajukan beberapa sudah dapat dicatat dalam status close (tutup).

Baca Juga : Melalui Audit Mutu Internal, Bantu Tingkatkan Kualitas Prodi

“Pihak program studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Pontianak telah menunjukkan bukti, serta menjawab ketersediaan dan keterlaksanaan butir standar yang dikonfirmasikan,” pungkas Jamal, Kamis (30/12).

Dalam hal ini, Lisnawanty merasa sangat terbantu dengan adanya audit mutu internal yang dilakukan oleh BPMA.

“Semoga kedepannya kami dari prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Pontianak bisa menjadi lebih baik lagi,” tandas Lisnawanty, Kamis (30/12).(MKU)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Universitas BSI Kampus Pontianak Lakukan Audit Mutu Internal untuk Prodi SIA […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.