Audit Mutu Internal, Bantu Tingkatkan Kualitas Prodi SI

0 39

SUKABUMI, BSINews –Audit Mutu merupakan pemeriksaan yang sistematis dan independen, untuk menentukan apakah kegiatan menjaga mutu serta hasilnya telah dilakukan dan dilaksanakan secara efektif sesuai dengan rencana yang ditetapkan untuk mencapai tujuan di perguruan tinggi.

Semua kampus melakukan audit mutu, tak terkecuali Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Kali ini AMI (Audit Mutu Internal) dilakukan pada Program Studi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Sukabumi.

AMI pada prodi SI Universitas BSI kampus Sukabumi ini, menjadi Siklus AMI yang ke-3, dengan mengaudit 8 standar pendidikan. Standar tersebut antara lain standar kompetensi lulusan, standar penilaian pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar isi pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan pembelajaran, standar sarana prasarana pembelajaran dan standar pembiayaan pembelajaran.

Baca Juga : Audit Mutu Internal, Sukses Digelar di Universitas BSI Solo

Pada AMI kali ini, Agung Wibowo selaku Auditee dan Idah Yuniasih dan Wahyutama F Hidayat bertindak sebagai Tim Auditor. Kegiatan Audit ini berlangsung selama 3 hari, mulai dari Selasa-Rabu 18-20 Januari 2022 secara daring melalui Zoom.

Agung Wibowo menjelaskan bahwa, kegiatan di hari pertama membahas dan mengonfirmasi permintaan tindakan korektif (PTK) dari Siklus ke 2, yaitu 4 standar. Standar tersebut antara lain, standar kompetensi lulusan, standar penilaian pembelajaran, standar proses pembelajaran dan standar isi pembelajaran.

“Tindakan perbaikan yang sudah dilaksanakan akan dicatat sebagai permintaan tindakan koreksi dengan status close (tutup). Sebaliknya, apabila belum ada tindakan perbaikan maka status masih open,” jelas Agung.

Baca Juga :Audit Mutu Internal, Guna Jaga Mutu Prodi SIA Universitas BSI Kampus Karawang

Menurut agung, kegiatan mutu internal tidak hanya membawa dampak positif bagi Program Studi Sistem Informasi (SI). Namun juga, sebagai bentuk masukan Prodi Sistem Informasi S1 untuk dapat meningkatkan mutu perbaikan kedepannya.

“Kegiatan Audit Mutu Internal bukan hanya memberikan manfaat bagi Prodi Sistem Informasi S1, namun juga kedepannya dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan agar menjadi lebih baik lagi,” tutup Agung. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.