Universitas BSI Kampus Bogor Ajak Mahasiswa Pahami UML dengan Enterprise Architect

0 13

BOGOR, BSINews – Program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor, sukses melaksanakan kegiatan seminar online Unified Modeling Language (UML) menggunakan Enterprise Architect.

Dipandu oleh Lis Saumi Ramdhani, acara ini menghadirkan Adi Supriyatna selaku kaprodi SIA Universitas BSI sebagai pembicara, pada Kamis (17/2).

Baca Juga : Prodi Bahasa Inggris Universitas BSI Gelar Seminar Online Tentang Digital Marketing

Adi menjelaskan bahwa, programmer perlu melakukan suatu pemodelan untuk membentuk implementasi sistem bagaimana suatu rancang bangun di visualisasikan dalam bentuk diagram. Seorang programmer akan lebih mudah dalam menganalisis satu program yang dibuat dalam bentuk UML.

“UML merupakan suatu metode yang digunakan dalam pemodelan secara visual dan digunakan sebagai rancangan sistem berbasis orientasi objek. UML juga didefinisikan sebagai suatu bahasa standar dalam penulisan blueprint software. UML memudahkan para programmer dalam memenuhi faktor scalability, robustness, security dan lain-lain,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Jumat (18/2).

Ia juga menjelaskan, jenis-jenis diagram yang ada di UML, software pemodelan UML, cara instalasi Enterprise Architect, sampai penerapan UML menggunakan aplikasi Enterprise Architect versi 15.

Selain itu, iapun menjelaskan penerapan secara langsung studi kasus dalam proses bisnis penjualan, serta bagaimana melakukan analisis kebutuhan.

Sementara itu, Sri Diana salah satu peserta yang berasal dari Universitas BSI kampus Pemuda mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk diterapkan langsung kepada penulisan tugas akhir kelak.

Baca Juga : Webinar Pentingnya Cakap dan Cerdas Digital Bagi Tenaga Pendidik

Menurutnya, penyampaian yang diberikan tak hanya sekedar teori saja, namun langsung dipraktekan kedalam studi kasus yang semakin memudahkan untuk dimengerti.

“Melalui acara ini, kami menjadi lebih paham bagaimana penerapan UML dengan menggunakan enterprise architect. Tak hanya sekedar teori tentang UML, jenis UML dan software yang digunakan. Narasumber juga langsung mempraktikkan bagaimana membuat UML dengan aplikasi enterprise architect, sehingga kami lebih mudah dalam memahaminya,” tutup Sri.(LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.