Prodi Sistem Informasi Gelar Sosialisasi Tugas Akhir

0 38

JAKARTA, BSINews—Prodi Sistem Informasi gelar sosialisasi tugas akhir untuk mahasiswa/i program Diploma Tiga (D3). Sinergi untuk menghasilkan karya ilmiah yang bagus secara mudah dan berkualitas maka telah sukses dilaksanakan sosialisasi tugas akhir bagi mahasiswa tingkat akhir. Kegiatan ini diselengarakan oleh program studi (prodi) Sistem Informasi (D3) kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) pada Rabu (16/3) secara daring dengan moderator yakni Fernando B Siahaan, staf dari prodi Sistem Informasi. Untuk narasumber dibagi dalam dua sesi dalam waktu yang berbeda. Dan jumlah mahasiswa yang mengikuti acara dalam dua sesi ini ada sekitar 800 peserta.

Di sesi I pukul 14.00 WIB oleh Sriyadi hadir sebagai narasumber juga selaku ketua prodi (kaprodi) Sistem Informasi (D3) yang membahas outline Proyek Sistem Informasi, lalu ada narasumber lain yakni Hilda Amalia selaku staf prodi yang menyampaikan outline Perancangan Sistem dan Andriansah juga selaku staf prodi yang menjelaskan outline Perancangan Program.

Baca juga: Prodi Sistem Informasi Universitas BSI Tegal Adakan Sosialisasi Outline Tugas Akhir

Prodi Sistem Informasi Gelar Sosialisasi

Selanjutnya, di sesi II pukul 19.00 WIB hadir sebagai narasumber Eni Irfiani selaku staf prodi yang memaparkan outline Proyek Sistem Informasi, kemudian Nining selaku staf prodi yang menyampaikan outline Perancangan Sistem, dan Syaiful Anwar staf prodi yang membahas outline Perancangan Program.

Sriyadi selaku kaprodi menegaskan sosialisasi ini digelar sebab bertepatan dengan pendaftaran tugas akhir pada 14 – 18 Maret 2022 yang dilakukan oleh semua mahasiswa/i semester VI Universitas BSI. Acara ini berkaitan dengan pemilihan outline tugas akhir prodi Sistem Informasi (D3) Univeristas BSI yang terdiri dari Proyek Sistem Informasi, Perancangan Sistem, dan Perancangan Program.

“Dan acara ini dibuat dua sesi agar mahasiswa yang sudah bekerja dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik,” ungkapnya dalam rilis yang diterima, Kamis (17/3).

Ia menyebutkan tujuan dari sosialisasi ini agar mahasiswa memahami tentang outline tugas akhir prodi Sistem Informasi dan mengetahui proses pembuatan dari tugas akhirnya.

Pembahasan pada sosialisasi tugas akhir ini, katanya menjelaskan juga membahas tentang persyaratan pendaftaran tugas akhir yaitu indek prestasi komulatif (IPK) minimal 2,00 dan tidak ada nilai D juga E pada Kartu Hasil Studi (KHS), kemudian lulus semua mata kuliah dengan nilai minimal C serta mahasiswa sudah melinasi biaya kuliah semester genap 2021/2022.

“Untuk outline Proyek Sistem Informasi diwajibkan untuk dapat diimplementasikan pada mitra yang dikerjakan secara berkelompok maksimal 3 mahasiswa. Produk Proyek Sistem Informasi ini ada dua yaitu versi buku dan laporan tugas akhir,” terangnya.

Sementara itu, Hilda Amalia menjelaskan outline Perancangan Sistem memiliki tiga pilihan outline yaitu Sistem Berjalan Belum Terkomputerisasi, Sistem Berjalan sudah Terkomputerisasi dan Sistem Berjalan (alternatif).

“Secara garis besar terdapat perbedaan antara perancangan sistem standar dan perancangan sistem (alternatif) yakni untuk perancangan sistem standar adanya surat keterangan riset sedangkan perancangan sistem (alternatif) surat keterangan keabsahan data dengan materai 10 ribu,” paparnya.

Baca juga: Universitas BSI Kampus Sukabumi Gelar Sosialisasi Outline Tugas Akhir

Kemudian, outline Perancangan Program, Andriansah menyebutkan terdapat dua pilihan outline yaitu Perancangan Program Bisnis dan Perancangan Program game/IoT/Augmented Reality. Ia pun berharap mahasiswa dapat memilih dengan tepat jenis outline tugas akhir dan lulus dalam waktu yang ditargetkan.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini, mahasiswa dapat memilih dengan tepat jenis outline tugas akhir dan dapat membuat tugas akhir ini sesuai waktu yang ditetapkan sehingga dapat didaftarkan pada ujian sidang tugas akhir dan lulus tepat waktu,” tutupnya. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.