Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan dengan Microsoft Excel

0 206

BOGOR, BSINews – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pembangunan perekonomian Indonesia dalam hal peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional.

Kemampuan UMKM dalam mengelola bantuan dan melakukan tertib administrasi keuangan sangat dibutuhkan untuk keberlanjutan usaha jangka Panjang.

Baca Juga : Tingkatkan Kemampuan Diri dengan Pelatihan Microsoft Excel

Hal ini membuat dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pembuatan laporan keuangan kepada UMKM Tajurhalang Makmur Bogor, pada Sabtu (12/3).

Ninuk Riesmiyantiningtias selaku tutor mengatakan bahwa pelatihan ini menambah kemampuan pelaku usaha untuk membuat pembukuan yang mudah dan rapi.

“Dengan pembukuan yang baik, pelaku usaha dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan dapat mengembangkan sayap usahanya lebih luas. Pelatihan ini sesuai dengan pembukuan sederhana Standar Akuntansi Keuangan Entititas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM),” ujar Ninuk dalam rilis yang diterima, Selasa (22/3).

Ia berharap, melalui kegiatan ini dapat membantu peningkatan kemampuan dalam menjual produk dan jasa melalui media online atau digital, serta mampu mengurangi pengangguran karena memiliki SDM yang terampil dan mumpuni.

Baca Juga : Manfaatkan Excel Untuk Pengolahan Data dan Laporan

Para peserta juga mampu meningkatkan kemampuan administrasi keuangan yang dapat membantu UMKM menjalankan usaha secara jangka Panjang karena ketersediaan cash flow yang memadai.(LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.