Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran Produk

0 67

Bogor, BSINews–Pemanfaatan digital marketing untuk promosi dan pemasaran produk tentu cukup penting diketahui oleh para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Oleh karena itu, dosen program studi (prodi) Teknologi Informasi dan Sistem Informasi telah sukses menggelar kegiatan pengabdian masyarakat secara hybrid pada Minggu (27/3) dengan tema “Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Pada UMKM Pabuaran”.

Tim dosen yang terdiri dari Sofian Wira Hadi, Haryani, Wati Erawati, Sudirja memberikan sosialisasi pemanfaatan digital marketing sebagai sarana promosi dan pemasaran produk UMKM. Sofian Wira Hadi selaku ketua tim pelaksana menuturkan bahwa keberadaan UMKM merupakan pendorong untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat dan sumber penciptaan lapangan kerja.

Baca juga: Implementasi Digital Marketing Dukung Usaha Ekonomi Kreatif

Pemanfaatan Digital Marketing

“Karena itu, penting bagi UMKM untuk mengetahui tentang pentingnya digital marketing sebagai media promosi,” katanya dalam rilis yang diterima, Senin (28/3).

Ia menyebutkan kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai bentuk tri dharma perguruan tinggi dosen Universitas BSI yang bermitra dengan UMKM Pabuaran Kecamatan Bojonggede Bogor.

“Saat ini pelaku UMKM Pabuaran mengalami kesulitan dalam memasarkan produk dagangannya. Pandemi COVID-19 membawa dampak kesegala bidang dan ini terjadi juga pada UMKM Pabuaran yang selama Pandemi sulit untuk berjualan secara langsung karena keterbatasan pemasaran,” terangnya.

Ia pun menambahkan kebutuhan pokok UMKM Pabuaran saat ini adalah memanfaatkan teknologi informasi untuk melakukan digital marketing guna meningkatkan pendapatan usahanya.

“Kami berharap melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menambah wawasan dan bekal pengetahuan seputar digital marketing guna memasarkan produk mereka sehingga pendapatan dari usaha mereka pun akan meningkata,” terangnya.

Sementara itu, lurah Pabuaran, Muhammad Yusuf dan ketua UMKM Pabuaran, Siti Rosya Mulyati menyambut dengan baik dalam kegiatan ini. Muhammad Yusuf menyampaikan sharing knowledge yang disampaikan oleh kelompok dosen Universitas BSI ini dapat membantu para pelaku UMKM Pabuaran untuk lebih kreatif dan inovatif.

“Dengan sharing knowledge ini pelaku UMKM Pabuaran dapat lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan produk dagangannya melalui digital marketing,” tandasnya.

Selanjutnya materi disampaikan oleh Haryani, ia menjelaskan bahwa digital marketing merupakan wadah untuk mempromosikan merek, membentuk preferensi dan meningkatkan traffic penjualan melalui beberapa teknik pemasaran digital.

“Strategi digital marketing perlu dilakukan, strategi pemasaran digital akan membantu pemasar untuk menganalisis konsumen dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh dari konsumen secara langsung,” paparnya.

Baca juga: Pelatihan Pembuatan Konten Digital

Jenis-jenis strategi marketing, terangnya, yaitu website, sosial media marketing, search engine atau mesin pencarian, email marketing, dan iklan secara online.

“Kelebihan menggunakan digital marketing adalah efisiensi biaya dan waktu, interaktif, kesempatan jangkauan pemasaran yang luas, konten menarik dan mudah diukur. Manfaat yang bisa didapat dari digital marketing yaitu dapat meningkatkan penjualan, lebih dekat dengan konsumen dan meningkatkan pendapatan,” tutupnya. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.