BIMTEK Pelaporan BKD Dosen Universitas BSI di Laman Sister BSI

0 234

Jakarta, BSINews–Bimtek pelaporan BKD dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), dalam rangka memfasilitasi dosen-dosen yang telah memiliki NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) dan belum tersertifikasi dosen untuk melakukan penyampaian Laporan Beban Kerja Dosen (BKD) setiap semester melalui laman SISTER BSI.

Bagian Pengembangan Dosen (Bangdos) dan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengisian tri dharma di Aplikasi SISTER secara daring, hari Jum’at (1/04) pukul 13.30 – 15.00 WIB.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Ikuti Teknis Pengisian BKD pada Aplikasi SISTER

Bimtek Pelaporan BKD

BimTek ini diadakan untuk meningkatkan kualitas pelaporan tri dharma perguruan tinggi dosen-dosen Universitas BSI. BimTek menghadirkan tiga narasumber yang saling berkolaborasi.  Siti Nurajizah dan Normah sebagai narasumber pertama dan kedua, yang merupakan staf bagian pengembangan dosen serta Sopyan Dalis selaku staf LPPM Universitas BSI.

Hadir dalam kegiatan ini, wakil rektor bidang akademik, Diah Puspitasari mengatakan setiap dosen Universitas BSI wajib jauh-jauh hari menyiapkan dokumen tri dharma perguruan tinggi untuk diupload pada laman SISTER BSI.

“Karena itu, sebagai dosen haruslah lebih aktif dan peduli lagi pada kewajibannya dalam melaporkan kinerja yang telah dilakukannya selama satu semester,” ujarnya, Jumat (1/4).

Selanjutnya, Siti Nurajizah, narasumber pertama pada Bimtek ini menekankan bahwa setiap dosen yang sudah mempunyai NIDN belum tersertifikasi dosen maupun sudah tersertifikasi dosen diminta untuk menyampaikan tri dharma perguruan tinggi yang telah selesai pada semester tersebut.

“Pelaporan BKD ini melalui laman SISTER, namun terlebih dulu dosen perlu mengisi portofolio  dan melakukan pemutakhiran data pribadi yang sebelumnya dilakukan bagi yang telah lulus sertifikasi dosen,” terangnya.

Ia pun meminta dosen lebih aktif dalam menyiapkan dokumen digital keempat bidang tri dharma untuk diunggah ke lampan SISTER BSI.

“Dosen Universitas BSI lebih peduli dalam menyiapkan dokumen digital keempat bidang tri dharma untuk diupload di laman SISTER BSI. Ketidakpedulian dosen dalam menyiapkan dokumen digital, dapat menghambat prioritas dosen yang bersangkutan untuk masuk eligible serdos di masa yang akan datang,” jelasnya.

Sementara itu, Normah narasumber kedua menyampaikan bahwa dosen setelah mengisi portofolio dari data masing-masing tri dharma yang berasal dari SISTER dan PDDIKTI dalam pelaksanaan pendidikan, SIMLITABMAS, SINTA dan SISTER untuk pelaksanaan penelitian, SIMLITABMAS dan SISTER untuk pelaksanaan pengabdian dan SISTER untuk penunjang.

“Portofolio yang telah diisi di SISTER ini akan dilaporkan melalui menu LAYANAN BKD pada menu rekap kegiatan yang akan dinilai oleh asesor BKD,” katanya.

Selanjutnya, dosen diharapkan mengecek secara berkala SISTER masing-masing untuk melihat jadwal pengisian maupun pelaporan BKD. Di samping itu para dosen diminta untuk melaporkan kewajiban khusus semua jenjang jabatan akademik pada menu LAYANAN BKD.

“Para dosen harus lebih cermat dalam mengupload dokumen tri dharma di laman SISTER BSI agar selaras dengan kategori kegiatan sesuai dengan PO BKD 2021. Jika kategori kegiatan tidak sesuai dengan PO BKD 2021, maka rubrik BKD pada pelaksanaan tersebut berwarna merah,” papar Normah.

Baca juga: Tips dan Strategi Mekanisme Pemenuhan Beban Kinerja Dosen (BKD)

Lalu, Sopyan Dalis, narasumber ketiga menyampaikan untuk bidang penelitian para dosen Universitas BSI dapat mempublikasikan pada 44 jurnal yang dikelola oleh LPPM dan prodi.

“Para dosen dalam mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal, tetap harus berpedoman pada kaidah penulisan karya ilmiah yang baik,” tandasnya. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.