Dosen BSI Pontianak Berbagi Ilmu “Ide dan Konsep Bisnis Online Syariah”

0 26

BSINews, Pontianak-Rangkaian kegiatan Ramadhan yang rutin dilaksanakan oleh Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak telah sukses dilaksanakan. Salah satunya merupakan kegiatan bertajuk Berbagi Sesama Insan yang dilaksakan dalam bulan Ramadhan 1443H diawali dengan berbagi sembako panti asuhan pada Kamis (14/04). Acara lain yang juga dilaksanakan pada bulan Ramadhan adalah kegiatan berbagi ilmu yang dikemas dalam bentuk pengabdian masyarakat oleh dosen-dosen Universitas BSI sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan pada Sabtu (23/04).

Baca Juga: Remaja Karang Taruna Ikuti Program Berbagi Ilmu di Bulan Ramadhan

Kegiatan berbagi ilmu in diikuti oleh puluhan anak dhuafa dan yatim piatu dari Panti Asuhan Ahmad Yani dan Panti Asuhan Aisyiyah Tunas Harapan.

Sri Dewi Ayu Safitri, selaku narasumber sekaligus dosen Universitas BSI memberikan pemahaman mengenai Ide dan Konsep Bisnis Online Syariah kepada remaja Panti Asuhan Yayasan Panti Asuhan Ahmad Yani.

Menurut Sri, dalam hal kewirausahaan penting untuk mengajarkan dan menumbuhkan konsep dan ide bisnis sedini mungkin terlebih kepada remaja. Anak-anak didik panti asuhan dapat juga diberikan konsep dan ide bisnis terlebih yang berbasis syariah dengan harapan dapat menumbuhkan kemandirian anak-anak panti asuhan kelak sehingga tidak tergantng kepada donator.

“Penting bagi praktisi untuk dapat membagi ilmu dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat terkait ide dan konsep bisnis online syariah,” ucap Sri.

Ia juga menambahkan bahwa pemilihan tema disesuaikan dengan kebutuhan anak panti asuhan remaja sehingga diharapkan mereka dapat mengembangakan konsep dan ide bisnis untuk mempersiapkan diri berwirausaha.

“Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kontribusi nyata bagi masyarakat, diharapkan kegiatan berbagi ilmu ini dapat menjadi salah satu jalan bagi para santri untuk mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa melalui salah satunya bisnis,” tambahnya.

Sementara itu, Ahmad Yani Zulkifli  selaku ketua Panti Asuhan menyambut baik kegiatan ini,  ia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama dalam  tambahan soft skill bagi anak-anak panti asuhan yang tidak mereka dapatkan pada Pendidikan formal.

Baca Juga: Lewat Berbagi Ilmu Jadikan Media Sosial Sebagai Sarana Penghubung

“Bagi para santri remaja, pemaparan ini dapat menjadi bekal bagi mereka di kehidupan bermasyarakat dalam mengembangan ide bisnis berkonsep syariah,” tutup Zulkifli. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.