Mahasiswi Prodi Sastra Inggris Berkesempatan Belajar di Korea

Mahasiswi Prodi Sastra Inggris Universitas BSI Berkesempatan Belajar di Korea

0 42

BSINews, Jakarta – Mahasiswi dari program studi (prodi) Sastra Inggris Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Salma Dwi Zahwa, lolos program IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) dan berkesempatan belajar di Korea. Program IISMA ini merupakan salah satu program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) unggulan dari Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia). .

Agus Priadi, ketua prodi Sastra Inggris Universitas BSI mengungkapkan rasa bangga atas lolosnya mahasiswinya yang berhasil lolos pada program IISMA.

“Hal ini menjadi suatu kebanggaan, mahasiswi prodi Sastra Inggris Universitas BSI terpilih untuk menimba ilmu dan pengalaman di luar negari, yakni bisa belajar di Korea Selatan,” ungkapnya dalam wawancara melalui whatsapp, Rabu (25/5).

Baca Juga : Mahasiswa Universitas BSI Berhasil Lolos Program Magang MBKM BRIN

Tujuan dari program ini, terangnya, untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi dan pengetahuan, serta memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri sebagai implementasi program MBKM.

“Melalui program IISMA, mahasiswa dapat mengambil mata kuliah untuk pengembangan diri yang diminati sesuai dengan persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri dan perguruan tinggi asal mahasiswa,” jelasnya.

Mahasiswa yang Lolos MBKM Berkesempatan Belajar di Korea dan Negara Lainnya

Dalam program ini, lanjutnya, mahasiswa dapat menempuh pembelajaran di perguruan tinggi di luar negeri yang menjadi mitra Kemendikbud Ristek RI selama satu semester yang dapat disetarakan hingga 20 SKS (Satuan Kredit Semestar).

“Prodi Sastra Inggris Universitas BSI, telah menyiapkan mahasiswa dari sisi pembelajaran dan pemantapan Bahasa Inggris dengan bekal English Enrichment,” ujarnya.

Agus menyebut, pihaknya selalu memperbarui informasi tentang program IISMA kepada mahasiswa. Selain itu, persiapan dokumen dan surat legal lainnya, juga dipersiapkan dari kampus Universitas BSI.

“Proses ini telah melalui seleksi pra kualifikasi oleh pimpinan rektorat dan tim prodi Sastra Inggris. Sehingga mahasiswa memiliki persiapan yang prima dan well-prepared,” tandasnya.

Baca Juga : Tingkatkan Kemampuan Berbahasa, Lembaga Bahasa Universitas BSI Berikan Pelatihan English Proficiency Skills

Mahasiswa yang telah lolos program ini, imbuhnya menerangkan, akan mendapatkan beberapa fasilitas saat menempuh belajar di luar negeri yakni berupa pendanaan beasiswa mobilitas internasional mahasiswa Indonesia, mencakup biaya kuliah, biaya perjalanan pulang pergi, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan dan biaya bantuan keadaan darurat mahasiswa secara kolektif.

“Kami tentu berharap akan ada mahasiswa lain dari Univeristas BSI yang lolos pada program-program unggulan Kemendikbud Ristek, seperti Salma Dwi Zahwa yang akan menempuh kuliah dan belajar di Korea Selatan karena berhasil lolos di program IISMA pada September hingga Desember 2022, nanti,” tegasnya.

Dan untuk mahasiswa lain yang akan mengikuti jejak Salma yang bisa belajar di Korea dapat mempersiapkan diri dengan terus mengasah kemampuan Bahasa Inggris yang sangat baik. Lalu buktikan melalui sertifikat kemampuan Bahasa Inggris dengan skor: IELTS – 6.0, TOEFL IBT – 78, Duolingo English Test – 100.

“Semoga semangat Salma dapat menular ke seluruh mahasiswa Universitas BSI lainnya. Sehingga mampu meraih berbagai kesempatan yang diberikan pemerintah melalui program MBKM,” tutupnya. BLL/UMF

Leave A Reply

Your email address will not be published.