9 Cara Memulai Bisnis Keripik Pisang

0 8,840

Purwokerto, BSINews – Keripik pisang merupakan makanan berbahan dasar pisang yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Keripik pisan mempunya 2 varian rasa, ada yang membuatnya asin atau pun manis. Makanan ini sendiri tersebar hampir merata di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dan Sumatra.

Baru-baru ini, koordinator BSI Entrepreneur Center (BEC) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto, Aprih Widayanto mengatakan, banyak orang yang tertarik dengan bisnis kuliner rumahan ini. Pasalnya, pasar dari keripik pisang, tak aka nada habisnya.

“Keripik pisang menjadi cemilan yang banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat. Cemilan ini juga menjadi hal yang harus ada saat Idul Fitri di daerah tertentu,” katanya, dalam keterangan tertulis, Selasa (31/5).

Baca juga: Universitas BSI Bangun Jiwa Entrepreneur untuk Finalis Puteri Indonesia 2022

Selain itu, ia juga mengajak generasi muda, yang ingin memulai bisnis keripik pisang. Berikut 9 tips memulai bisnis keripik pisang yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. Siapkan modal

Tips pertama untuk memulai usaha keripik pisang adalah menyiapkan modal. Seperti yang telah diketahui, modal merupakan faktor krusial dalam sebuah bisnis. Tanpa modal, tentu bisnis apa pun tidak akan bisa berjalan cepat.

2. Tentukan tempat atau lokasi usaha

Jika urusan permodalan telah aman, maka calon pengusaha bisa bergeser untuk memikirkan tempat atau lokasi usaha.

Lokasi juga menjadi faktor penentu usaha bisa berkembang dan lebih untung lho. Semakin mudah akses toko, atau dekat dengan jalan raya, maka took tersebut akan semakin mudah dikenal oleh banyak orang.

3. Cari dan tentukan supplier

Keberlanjutan persediaan bahan baku tentu menjadi hal yang paling penting pada setiap bisnis yang dijalankan. Pasalnya, apabila stok bahan baku mengalami macet atau kosong maka otomatis proses produksi tidak bisa berlanjut. Untuk itu, penting bagi pengusaha untuk mencari dan menetapkan supplier pisang terpercaya.

4. Lakukan persiapan produksi dan pelaksanaan yang matang

Jika tips di atas sudah dipenuhi, maka usaha keripik pisang bisa langsung dimulai. Namun sebelumnya, pastikan bahwa semua peralatan produksi serta sarana dan prasarana telah disiapkan sebelumnya.

5. Buat konsep usaha dan strategi promosi

Setiap usaha pasti tak terlepas dengan konsep dan juga strategi promosi. Dua hal ini sangat penting dan bias menjadi kompas kemana usaha tersebut akan dibawa.

Pastikan untuk membuat produk yang unik dengan kualitas terbaik dan bercita rasa menarik. Di sisi lain, pikirkan juga promosi seperti apa yang harus dilakukan agar produk tersebut bisa semakin melejit dan bisnis keripik bisa pecah orderan. Kamu juga bias manfaatin platform digital untuk promosinya, agar lebih murah dan tepat sasaran.

6. Menggunakan kemasan yang modern

Ini adalah yang paling utama dan paling menentukan kesuksesan bisnis keripik pisang sahabat, karena tanpa menggunakan kemasan moderen maka anda akan sulit untuk menjual keripik pisang kesemua kalangan, yang artinya omzet penjualan yang akan sahabat dapatkan akan sangat terbatas.

7. Membuat brand untuk usaha keripik pisang anda

Langkah selanjutnya adalah kamu harus membuat brand atau merek untuk usaha keripik pisang sendiri. Brand itu nantinya akan jadi identitas produk kamu, agar mudah dikenal oleh masyarakat kedepannya.

8. Cara membuat keripik pisang yang benar

Selanjutnya, pastikan proses produksi keripik pisang kamu sudah benar dan higenis serta memiliki standar operasional prosedur (SOP) pengolahan yang konsisten, untuk menjamin rasa selalu konstan dan tidak berubah rubah.

9. Lakukan inovasi dan diferensiasi

Inovasi dan diferensiasi juga sangat penting dalam menunjang kesuksesan usaha makanan ringan seperti keripik pisang. Jangan sampai usaha yang dijalani terkesan ‘menyontek’ usaha serupa yang sudah ada.

Baca juga: Tips dan Trik Kembangkan Bisnis UMKM Berbasis E-Marketing

Kamu bias tambahin varian lain, atau rasa yang berbeda dari produk serupa lainnya. Terus hadirkan ide dan kreativitas agar produk kamu hadir secara berbeda.

Sementara itu, Aprih ingin lebih banyak mahasiswa Universitas BSI atau generasi muda yang menjadi pengusaha. Melalui BEC, akan mencetak banyak mahasiswa yang sukses menjadi pengusaha muda, bahkan slogan dari BEC sendiri yang terkenal adalah “Jadi Pengusaha Sebelum Wisuda”.

“Kami di BEC selalu membina para mahasiswa yang ingin menjadi pengusaha. Kegiatan kami banyak, mahasiswa diberi bekal melalui seminar, workshop, bursa wirausaha, kompetisi dan lainnya,” jelas Aprih.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.