Tarik Perhatian Konsumen Melalui Inovasi dan Kreativitas dalam Berwirausaha

0 582

BSINews, Jakarta–Inovasi dan kreativitas merupakan sebuah pembaruan yang dilakukan dalam suatu usaha, agar menciptakan produk yang unik serta berkualitas. Inovasi dan kreativitas juga diperlukan untuk menarik perhatian konsumen dalam menjalankan suatu usaha.

Baca Juga: Begini Cara Efektif Menumbuhkan Kreativitas dan Inovasi

Dalam menciptakan inovasi dan kreativitas dalam berwirausaha, terlebih dahulu harus mengubah mindset. Mindset merupakan pola pikir seseorang yang berpengaruh akan tindakan yang akan dilakukan atau yang akan diambil.

Mindset bagi seorang wirausahawan tidaklah biasa. Para wirausahawan pastinya akan mencari peluang baru dalam sebuah kondisi, berani untuk mengambil risiko, memiliki visi yang besar, tidak pernah bosan untuk belajar dan pastinya berorientasi pada tindakan untuk kedepannya.

Jika sudah punya mindset seperti itu, tinggal melakukan upgrade dari evaluasi yang sudah dikerjakan sebelumnya. Kemudian, bagaimana cara mengupgradenya?

Berikut beberapa cara mengupgrade mindset menurut Kartika Handayani selaku ketua BSI Innovation Center (BIC), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) untuk berwirausaha, antara lain:

1. Miliki visi yang besar
2. Bekerja dalam tim
3. Mengambil dan mengelola risiko
4. Mengenal target market
5. Rencana jelas dan terukur serta cintai bisnis yang sedang dijalankan untuk mencapai tujuan yang akan dicapai.

Sementara itu, perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting bagi penemuan inovasi secara Nasional. Universitas BSI merupakan salah satu perguruan tinggi yang mewadahi terciptanya iklim inovasi dalam lingkup civitas akademikanya.

Baca Juga: Peningkatan Prestasi Mahasiswa Melalui Kreativitas dan Inovasi Bidang Elektronika dan Otomasi di Masa Pendemi Covid-19

Melalui BIC, Universitas BSI mewadahi dosen dan mahasiswanya dalam penciptaan invensi menjadi inovasi. BIC sebagai bentuk keseriusan Universitas BSI dalam mendukung penciptaan produk inovasi.

“Universitas BSI memiliki BIC. BIC sendiri adalah bagian yang mewadahi terkait inovasi dan melakukan pelaporan terkait kinerja inovasi perguruan tinggi yang nantinya sebagai penilaian dan pemeringkatan perguruan tinggi,” jelas Kartika, Selasa (7/6). (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.