Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Digital Dalam Pengolahan Data

0 20

BSINews, Depok–Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. PKK terkenal akan “10 program pokok”-nya, yang pada hakikatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu: Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Beri Pelatihan Pembuatan Sistem Informasi Berbasis Website

Saat ini, keberadaan PKK di suatu daerah menjadi eksistensi semu, antara ada dan tiada. Banyak masyarakat yang lupa akan keberadaan PKK. Padahal, 10 program pokok PKK merupakan kunci utama dalam meningkatan sumberdaya manusia Indonesia. Oleh karenanya, dalam meningkatkan kualitas SDM di Indonesia, Dosen Universitas BSI (Universitas Bina Sarana Informatika) melaksanakan pengabdian masyarakat untuk Sumber Daya Manusia (SDM) Penggerak PKK Keluarahan Durenseribu, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

 

Pengabdian Masyarakat (PM) dilaksanakan di ruangan kelas SDN 1 Durenseribu, dengan fokus pelatihan pada aspek pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Digital dalam pengolahan data menggunakan Microsoft Excel, Sabtu, (21/5).

 

Ibnu Alfarobi dan Umi Fadillah  yang bertugas sebagai tutor pada PM Universitas BSI  kali ini menjelaskan fungsi SUM, MAX, MIN, AVERAGE, SUMIF, SUMIFS, Membuat validasi data serta penggunaan format accounting untuk mengatur/format mata uang.

 

“Hari ini merupakan pertemuan pertama, diawali dari yang dasar-dasar dulu. Di pertemuan selanjutnya akan membahas hal yang lebih detail lagi,”  jelas Ibnu saat memberikan materi seputar Microsoft Exel.

 

Sementara itu, Kartika Sari selaku Ketua kelompok PKK Durenseribu menuturkan di lingkungan Kelurahan Durenseribu kelompok PKK memang masih minim dalam menggunakan perangkat Teknologi Informasi. Dengan adanya program ini diharapkan ibu-ibu PKK lebih bisa meningkatkan pemahaman dan penggunaaan teknologi baik dalam keseharian maupun dalam organisasi.

 

“PKK Kelurahan Durenseribu memang masih sangat aktif hingga saat ini. Banyak ibu-ibu yang memiliki profesi di luar namun masih sering bertukar ide di dalam forum PKK. Beberapa diantara kami memang ada yang menjalankan bisnis online, dan dengan materi yang Bapak Ibnu dan Ibu Umi sampaikan sangat membantu kami dalam menyelesaikan urusan pendataan. Ini juga sangat bermanfaat bagi PKK Durenseribu untuk membuat laporan kegiatan,” imbuhnya.

 

Ia berharap dengan diadakannya kegiatan PM tersebut dapat meningkatkan kualitas kerja Sumber Daya Manusia terutama dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Digital dalam pengolahan data.

Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi Bangun Bisnis Online

“Pengabdian Masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) penggerak PKK Durenseribu melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Digital dalam pengolahan data menggunakan Microsoft Excel,” tutupnya. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.