Mengenal dan Memahami Cost Accounting

0 15

BSINews, Jakarta– Dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa, serta sebagai wadah untuk menjembatani mahasiswa ke dunia kerja, Program Studi (prodi) Akuntansi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), menyelenggarakan Workshop dan Test Cost Accounting. Acara ini digelar di Aula kampus Universitas BSI kampus Jatiwaringin, Jakarta Timur, pada Jumat (24/6) silam.

Baca Juga: Belajar Isi Laporan Keuangan Melalui Workshop Intermediate Accounting

Dwiyatmoko Puji Widodo, selaku Ketua Prodi Akuntansi Universitas BSI, dalam sambutannya mengungkapkan, Workshop dan Test Cost Accounting seperti ini memang sudah menjadi agenda rutin setiap semesternyna, dari Prodi Akuntansi Universitas BSI, tak terkecuali juga kegiatan sertifikasi kompetensi.

“Selain menambah ilmu dan wawasan mahasiswa, kegiatan ini juga bisa menjadi acuan atau tolak ukur bagi mahasiswa, terhadap kemampuan yang dimiliki tentang akuntansi. Bagi seluruh peserta workshop, silakan ambil manfaat sebanyak-banyaknya, dari narasumber yang kami hadirkan. Jadikan kegiatan ini sebagai bentuk investasi untuk masa depan dan menjadi tolak ukur bagi kemampuan yang kita miliki,” ungkap Dwi, sapaan akrabnya, dalam keterangan rilis, Rabu (29/6).

Sementara itu, hadir sebagai narasumber Indria selaku Unit Pengembangan Akademik Prodi Akuntansi Universitas BSI. Ia menjelaskan mengenai Cost Accounting atau sering disebut dengan akuntansi biaya, merupakan sebuah proses penyajian informasi semua transaksi atau biaya yang terjadi dari proses produksi hingga distribusi, dalam penjualan produk.

“Kita berfokus pada perhitungan Harga Pokok Pesanan dan Harga Pokok Standar. Harga Pokok Pesanan merupakan Metode Pengumpulan Harga Pokok yang digolongkan berdasarkan cara produksi yaitu Metode Harga Pokok Pesanan (Job Order Cost Method) dan Metode Harga Pokok Proses (Process Cost Method),” jelas Indria.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, Prodi Manajemen Pajak Gelar Workshop Basic Accounting Test

Ia menambahkan, dalam menghitung harga pokok, harus memahami terlebih dahulu siklus akuntansi biaya dalam harga pesanan tersebut, seperti pembelian dan penyimpanan bahan baku, biaya tenaga kerja langsung hingga harga pokok terhadap produk jadi.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.