Tingkatkan Keterampilan Soft Skill dan Hard Skill

0 195

BSINews, Jakarta–Program Studi (prodi) Administrasi Perkantoran Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah mengadakan seminar service excellent and handling customer complaint, di Universitas BSI kampus Jatiwaringin pada Rabu (29/6) silam. Acara ini menghadirkan narasumber Shinta Wulandari selaku Direktur PT Supportindo Prima Mandiri.

Baca Juga: Simak Yuk Tips Service Excellent Untuk Tingkatkan Pelayanan

Idah Yuniasih selaku Kaprodi Administrasi Perkantoran dalam sambutannya mengatakan, mahasiswa dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan baik soft skill maupun hard skill dalam bidang perkantoran.

“Salah satu hal yang harus dikuasai oleh mahasiswa adalah bagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, pimpinan maupun rekan sejawat. Oleh karenanya penting membekali mahasiswa untuk memiliki pemahaman terkait pelayanan prima. Bagaimana berpenampilan yang baik dan menarik, bagaimana berkomunikasi yang baik dengan pelanggan, bagaimana menangani komplain pelanggan,” kata Idah dalam rilis yang diterima, Kamis (7/7).

Sementara itu, Shinta Wulandari menjelaskan dalam materinya, konsep layanan prima adalah kemampuan, penampilan, tanggung jawab dan simpati. Ada 6 elemen yang termasuk ke dalam elemen pelayanan prima, yakni attitude, ability, attention, appearance, accountability dan action.

Baca Juga: Peran Service Excellent Dalam Profesi Pekerjaan Sekretaris

“Dalam menangani keluhan pelanggan diharuskan ada interaksi tatap muka untuk memastikan customer merasa diperhatikan kehadirannya dan disambut dengan ramah serta hangat,” tutup Shinta.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.