Peningkatan Mutu Tata Kelola Jurnal Ilmiah Menuju Akreditasi Jurnal

0 250

BSINews, Jakarta–Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), sukses mengadakan webinar strategi peningkatan mutu tata Kelola jurnal ilmiah menuju akreditasi jurnal. Kegiatan ini digelar secara daring melalui zoom, pada hari Kamis (14/7) kemarin.

Baca Juga: Universitas BSI Selenggarakan Workshop Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Narasumber yang dihadirkan ialah Taufik Baidawi, selaku Ketua LPPM Universitas BSI dan Sopiyan Dalis selaku Staff LPPM Unit Jurnal. Taufik Baidawi menjelaskan bahwa, webinar ini merupakan salah satu kewajiban dari peningkatan mutu jurnal.

“Tujuan dari kegiatan webinar ini yaitu untuk menindaklanjuti temuan dan evaluasi hasil pengelolaan jurnal, untuk peningkatan akreditasi jurnal setiap tahunnya. Sejatinya, publikasi jurnal penelitian bagi kalangan akademisi merupakan implementasi hasil kerja akademis, dalam cakupan yang lebih luas seperti ilmu pengetahuan, penelitian, dan pengajaran,” ujar Taufik dalam rilis yang diterima, Jumat (15/7).

Sementara itu, Sopiyan Dalis turut memaparkan proses pengelolaan jurnal, mulai dari alur kerja Open Journal Systems (OJS), proses editorial, publikasi jurnal dan pasca penerbitan.

Baca Juga: Universitas BSI Berikan Kiat Tembus Jurnal Internasional untuk Dosen PDPT

“Dengan adanya publikasi jurnal bagi seluruh dosen, maka editor harus benar-benar memperhatikan alur pekerjaan ojs. Mulai dari pengecekan template naskah, kesesuaian tema dan sebagainya,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.