Tetap Jaga Kualitas Prodi, Universitas BSI Adakan Audit Mutu Internal

0 20

BSINews, Jakarta – Badan Penjaminan Mutu & Akreditasi (BPMA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) setiap tahunnya menyelenggarakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) dan sudah memasuki siklus IV di tahun 2022 ini di lingkungan Program Studi (prodi).

Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Bogor sebagai salah satu unit kerja yang tiap tahunnya secara rutin melaksanakan evaluasi pencapaian Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Dalam siklus VI, kegiatan AMI ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni sejak 1-3 Agustus 2022 secara daring melalui zoom.

Baca Juga : AMI Siklus 4 Universitas BSI Prodi Ilmu Komputer (S1) Berjalan Sukses

Auditor yang bertugas pada AMI kali ini adalah Hilda Rachmi dan Rachmat Adi Purnama. Sedangkan yang menjadi auditee yakni Ketua Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Bogor, Sri Wasiyanti dengan didampingi dua stafnya, yaitu Lila Dini Utami dan Siti Masripah.

Rachmat menyampaikan, bahwa kegiatan AMI ini dilakukan untuk mengevaluasi pencapaian 8 standar pendidikan di prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Bogor.

“Semoga ke depannya temuan ketidaksesuaian mengalami peningkatan dan perbaikan menjadi kesesuaian serta siklus ke V nanti semua permintaan tindakan koreksi bisa ditutup dan hasilnya memuaskan,” harap Rachmat, (3/8).

Lanjutnya, kerja tim dan keseluruhan dari akademisi baik rektorat sampai dosen Universitas BSI dapat terlihat, ada atau tidaknya sesuai dengan temuan yang harus dilengkapi bersama.

Sementara itu, menurut kepala BPMA Universitas BSI, Lita Sari Marita, AMI ini dilakukan sebagai langkah pengendalian mutu serta adanya peningkatan mutu setelah adanya tindak lanjut dari pimpinan. Tindak lanjut dari AMI merupakan bentuk nyata komitmen para pimpinan untuk peningkatan mutu di perguruan tinggi.

“Dalam AMI kali ini terdapat 8 standar mutu pendidikan yang akan di evaluasi dan ditanyakan untuk dipertanggungjawabkan kebenaran dokumen yang ada,” ujar Lita, Kamis (3/8) lalu.

Ia menjelaskan, delapan standar yang dimaksud diantaranya adalah standar proses pembelajaran, standar kompetensi lulusan, standar isi pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tendik, standar sarpras pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, standar pembiayaan pembelajaran.

Diakhir pelaksanaan AMI, Sri sebagai auditor berterima kasih kepada auditee dan staf terkait atas terlaksananya kegiatan ini pada prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Bogor.

“Terima kasih saya ucapkan atas pelaksanaan AMI siklus IV dan mohon maaf jika ada dokumen yang belum terpenuhi dan memang bukan saja dari ranah prodi, tapi juga sinergi dari tim terkait,” pungkas Sri.

Baca Juga : AMI Prodi SIA Universitas BSI Kampus Karawang Sukses Terlaksana

Ia pun berharap, semoga kekurangan pada siklus ini dapat terpenuhi pada siklus berikutnya. Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Bogor paham bahwa dibutuhkan usaha untuk menyelesaikan kebutuhan tersebut.

“Semoga pada siklus V permintaan tindakan koreksi bisa lebih sedikit dan jika bisa terpenuhi semua, maka kekurangan dapat dilengkapi sesegera mungkin,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.