Ingin Tahu Cara Terbaik Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Potensi Diri? Yuk, Simak 4 Caranya Berikut Ini!

0 14

BSINews, Jakarta – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tentu menjadi pilihan banyak orang. Namun perlu ketepatan dalam memilih jurusan kuliah saat akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Hal ini menjadi penting, agar tidak menyesal saat menjalaninya karena merasa salah jurusan. Sebelum memilih jurusan hal utama yang harus diperhatikan adalah menentukan jurusan yang sesuai dengan minat & bakat yang dimiliki.

Baca Juga : 5 Bidang Jurusan Manajemen Ini Cocok Untuk Kaum Milenial

Menurut Rektor Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Dr Ir Mochammad Wahyudi, bakat dan minat di bidang apa pun, memiliki peran yang sangat besar dan bermanfaat di masa depan, termasuk dalam memilih jurusan kuliah.

“Generasi muda akan menjadikan kuliah sebagai solusi untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang luas. Dengan berkuliah, generasi muda akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Mulai dari menambah wawasan, membentuk karakter dan mengembangkan diri serta peluang berkarir menjadi lebih terbuka lebih luas,” katanya.

4 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Potensi Diri

Ada beberapa cara memilih jurusan kuliah sesuai potensi diri, silahkan simak beberapa point berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tentukan Jurusan Kuliah Sesuai Passion

Memilih jurusan kuliah, harus sesuai dengan minat dan bakat, karena jurusan kuliah yang dipilih akan memberikan pengaruh besar dalam dunia kerja. Setiap orang kebanyakan ingin sekali bekerja sesuai minat dan bakat atau passion.

2. Minta Saran Orang yang Lebih Berpengalaman

Sebelum mulai kuliah coba untuk meminta saran dan pengalaman dari orang yang terlebih dahulu sudah memilih jurusan tersebut. Dengan berkonsultasi pada mahasiswa atau orang yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut maka mereka tentu lebih tahu tentang prospek karir pada jurusan tersebut.

3. Pastikan Bukan Hanya Ikut-ikutan

Berkomitmen dan berpendirian teguh merupakan hal terpenting dalam hidup. Jangan ragu untuk mencari tahu terlebih dahulu detail dari jurusan yang akan dipilih. Berprinsip pada diri sendiri bahwa jurusan yang diambil benar atas keinginan pribadi bukan karena teman atau sahabat.

4. Cari Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadianmu

Selain passion, ternyata kepribadian mempunyai peran yang cukup penting untuk menentukan jurusan kuliah. Bahkan hal ini menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang sukses dalam bidang yang diminati.

Dari empat hal di atas, dapat menjadi rujukan generasi muda dalam menentukan pilihan jurusan kuliah, sehingga tak ada lagi kata “salah pilih jurusan”. Semua yang dipilih dan dijalani tentu sudah sesuai minat dan bakat, serta sesuai pula dengan tujuan akhir karier yang dituju. Selamat berjuang generasi muda, pilihan jurusan yang benar akan menunjang karier di masa depan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.