Merintis Karier Masa Depan Berawal dari Praktik Kerja Lapangan

0 155

Jakarta,BSINews – Kegiatan magang atau praktik kerja lapangan (PKL) merupakan kegiatan wajib mahasiswa yang dilaksanakan oleh mahasiswa. PKL Bertujuan agar para mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman kerja dalam jangka waktu terbatas pada suatu organisasi bisnis seperti perusahaan, institusi atau lembaga pemerintah, organisasi nirlaba atau organisasi sosial kemasyarakatan.

Adi Supriyatna selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengungkapkan, merintis karier untuk masa depan dapat dilakukan melalui program PKL atau magang. Ada beberapa jenis magang yang bisa dilakukan oleh mahasiwa seperti magang langsung di perusahaan dan lainnya.

Baca juga : Berikan Pemahaman Skema PKL, Prodi Sistem Informasi Gelar Sosialisasi SIPADU

“Mahasiswa dapat mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang merupakan wujud sinergi kebijakan kampus merdeka dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan. Program PMMB tergabung dalam Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Mekanisme magang ini menyesuaikan dengan BUMN yang menjadi tempat magangnya,” ujar Adi dalam keterangan rilis, Senin (22/8).

Merintis Karier Masa Depan

Ia menambahkan, PMMB dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk meningkatkan wawasan keilmuan tentang studi dalam dunia kerja. Sedangkan bagi Prodi Sistem Informasi Akuntansi, dapat menjadi tolak ukur pencapaian kinerja prodi khususnya untuk mengevaluasi hasil pembelajaran oleh instansi pemerintah atau BUMN tempat PMMB dilaksanakan dan dapat menjalin kerja sama dengan instansi tempat PMMB.

“Lewat PMMB mahasiswa dapat menyiapkan diri menjadi tenaga profesional, disiplin, kreatif, dan jujur untuk meningkatkan etos kerja sekaligus melatih diri dalam penguasaan bidang ilmu yang telah dipelajari pada masing-masing kurikulum. Dengan adanya manfaat ini, mahasiswa dapat mengenal dunia kerja dan merintis kariernya,” imbuh Adi.

Baca juga : Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Gelar Sosialisasi PKL

Menurutnya, jenjang karier masa depan menjadi tujuan semua mahasiswa yang berkuliah. Melalui PKL inilah, mahasiswa dapat membangun pemahaman, skill, profesionalitas dan attitude mahasiswa. Sehingga lulusan Universitas BSI khususnya Prodi Sistem Informasi Akuntansi dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.