Universitas BSI Tingkatkan Pengetahuan Siswa OJT Sesuai Dengan Harapan dan Target

0 240

BSINews, Pontianak– Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau On the Job Training (OJT), merupakan salah satu bentuk kegiatan, bagi para siswa untuk mengenal perusahaan serta lingkungan kerja saat mereka masih di bangku sekolahan, untuk menemukan kompetensi diri.

Baca Juga: Universitas BSI Kampus Solo Berikan Pemahaman PKL Melalui Sosialisasi SIPADU

Sebagai salah satu lembaga pendidikan, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memiliki peran dalam membantu peningkatan ilmu, kompetensi dan pengetahuan para pelajar. Dalam peranan tersebut, penerimaan siswa OJT menjadi salah satu program yang telah memberikan manfaat kepada para siswa sekolah, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Tepat pada Senin, 22 Agustus 2022, siswa/i dari SMKN 1 Rasau Jaya, telah melaksanakan OJT di Digital Creative Center (DCC) yang berlokasi di Universitas BSI kampus Pontianak. Dalam pelaksanaan OJT ini, Universitas BSI kampus Pontianak bekerja sama dengan DCC, untuk menampung dan mencetak para siswa di bidang digital kreatif.

Kegiatan pelepasan ini diwakili oleh Eri Bayu Pratama selaku pembina siswa OJT di Universitas BSI kampus Pontianak dan Hendro selaku guru SMK N 1 Rasau Jaya.

Hendro menerangkan pihak sekolah sudah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan OKT dan hasilnya sesuai dengan harapan dan target dari sekolah.

“Terima kasih kepada pihak DCC dan Universitas BSI kampus Pontinak, karena telah membimbing siswa SMKN 1 Rasau Jaya. Kami berharap mereka dapat mengasah kembali bekal yang dipelajari selama melaksanakan OJT,” ujar Hendro, Senin (29/8).

Sementara itu, Dedi Saputra sebagai dosen Universitas BSI kampus Pontianak selaku mentor siswa OJT tersebut, menyampaikan secara garis besar peserta magang adalah siswa/i yang memiliki kepribadian yang mau belajar.

“Hal ini terlihat dari penyelesaian tugas yang diberikan setiap harinya, walaupun ada beberapa aspek yang tidak tercapai, itu menjadi catatan untuk dapat meningkatkan kembali kemampuannya dan tetap perlu dukungan, arahan, serta bimbingan,” ujar Dedi.

Ia juga menambahkan, masing-masing siswa memiliki kelebihan serta kekurangan di aspek tertentu. Ini terlihat dari target yang biasa diberikan untuk menyelesaikan tugas.

Baca Juga: Siap Memasuki Dunia PKL, Mahasiswa Prodi Teknik Elektro Gelar PKL dan Klinik PKM

Di samping itu, Wahyu Nugraha selaku dosen Universitas BSI kampus Pontianak yang juga membantu sebagai mentor menyampaikan apresiasinya terhadap keberadaan siswa OJT yang telah banyak membantu dalam pelaksanaan teknis tugas-tugas dibagian Biro Teknologi Informasi sesuai dengan praktik yang dilaksanakan yaitu komputer jaringan.

“Semoga Surya, Putu, dan Rendi, siswa OJT dari SMKN 1 Rasau Jaya ini tetap mampu menjaga silaturahmi dengan kami,” tandasnya. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.