Pengaruh Positive dan Negative Serta Dampak Bermain Game Online Pada Anak-anak

0 1,852

Banten, BSINews — Perkembangan teknologi yang sangat pesat, memudahkan anak mengakses berbagai macam informasi yang mereka inginkan dengan sangat mudah melalui koneksi internet. Salah satu yang dapat diakses oleh anak adalah game online.

Baca juga : Bekali Mahasiswa BSI Explore 2023 dengan Pelatihan Wawasan Kebangsaan

Game online dapat memberikan pengaruh negatif pada perkembangan anak, pengaruh yang sangat terlihat adalah anak akan lupa waktu dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game online, anak akan ketagihan memainkan game online sehingga anak akan memiliki rasa keinginan bermain terus-menerus, akibatnya anak akan mengalami gangguan penyakit seperti mata minus karena selalu melihat ke layar komputer dan gadget lainnya.

Pengaruh Positive dan Negative Bermain Game Online

Hal ini membuat dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (PM) dengan tema Pengaruh Positif dan Negatif Serta Dampak Bermain Game Online pada Anak-anak, yang ditujukan pada Pondok Pesantren Tahfiz Quran Bani Salam, Cipondoh, pada Sabtu (10/9/2022).

Musthafa Kamil selaku ketua pelaksana PM Universitas BSI mengungkapkan bahwa kegiatan PM ini banyak memberikan masukan dan manfaat bagi seluruh anak dan remaja pondok pesantren mengenai dampak bermain game online, khusushnya bagaimana belajar menggunakan teknologi internet dengan bijaksana.

“Selain memiliki pengaruh negatif, game online memiliki pengaruh positif pula bagi perkembangan anak. Game online selain sebagai media hiburan untuk anak, hasil penelitian yang
telah dilakukan menunjukkan bahwa beberapa game online memiliki pengaruh positif pada pengembangan IQ anak, game online juga dapat membantu anak untuk meningkatkan memory mereka,” ujar Musthafa.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Microsoft Excel pada Ibu-ibu PKK Kabupaten Karawang

Ia menambahkan, PM ini berbentuk penyuluhan kepada anak-anak remaja di pondok pesantren dengan menambahkan beberapa sesi agar penyampaian materi mudah dicerna oleh anak-anak.  (LAG)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.