Tingkatkan Kualitas Jurnal Melalui Workshop Tata Cara Pengajuan Indeksasi Jurnal Pada DOAJ

0 27

BSINews, Jakarta —Penerbitan artikel ilmiah (jurnal) semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini membuat jurnal-jurnal yang ada di Indonesia selalu berupaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pada jurnal yang dikelola.

Baca Juga: LPPM Universitas BSI Gelar Workshop Peningkatan Mutu Tata Kelola Penerbitan Artikel Ilmiah

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai salah satu lembaga yang menaungi jurnal-jurnal yang ada di lingkungan Universitas BSI juga turut adil dalam peningkatan tersebut seperti salah satunya menyelenggarakan workshop tata cara pengajuan indeksasi jurnal pada DOAJ, yang dilaksanakan pada Sabtu (15/10) lalu.

Acara workshop ini merupakan salah satu kewajiban dari peningkatan mutu jurnal, yang digelar untuk seluruh staff LPPM Universitas BSI dan Ketua Program Studi yang ada di Indonesia.

Agus Junaidi selaku Chief Editor Jurnal Informatika dan Widya Cipta dan juga narasumber dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan workshop ini yaitu agar setiap jurnal yang dikelola bisa mempersiapkan lebih baik dan mengelola sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Beberapa ketentuan yang harus dipersiapkan dengan baik apabila ingin mengajukan di DOAJ, dimulai dari kesiapan website hingga copyright,” ungkap Agus Junaidi, Senin (17/10).

Menurutnya, hal yang perlu diperhatikan bahwa DOAJ (Directory of Open Access Journals) merupakan salah satu index yang sangat berpengaruh dalam akreditasi jurnal yang terindeks International.

“Tujuan DOAJ yakni meningkatkan visibilitas dan kemudahan penggunaan jurnal-ilmiah dan akademik yang memberikan akses terbuka sehingga meningkatkan pengunaan dan dampaknya,” imbuhnya.

Baca Juga: Peningkatan Mutu Tata Kelola Jurnal Ilmiah Menuju Akreditasi Jurnal

Sementara itu, Taufik Baidawi selaku Ketua LPPM Universitas BSI menambahkan bahwa untuk jurnal-jurnal yang ada di Universitas BSI telah memiliki ketentuan DOAJ.

“Sebenarnya jurnal-jurnal di Universitas BSI sudah berusaha mencukupi ketentuan DOAJ, pasca acara ini diharapkan semakin banyak jurnal yang memiliki peningkatan kualitas mutu jurnal menuju DOAJ,” ujarnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.