Tiktok Sekarang Bisa Untuk Media Promosi, Untuk Perluasan Usaha

0 19

Purwokerto, BSINews – Kelompok dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan Pengabdian Masyarakat, dengan memberikan pelatihan pemanfaatan media sosial Tiktok sebagai sarana promosi produk UMKM di Kabupaten Banyumas.

Kegiatan ini bertempat di Sekretariat Asosiasi Pengusaha Kecil, Mikro dan Menengah Banyumas (ASPIKMAS), Jalan Suprapto Purwosari Purwokerto Utara, pada Sabtu (22/10). Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta yang merupakan para pelaku UMKM di Kabupaten Banyumas.

Baca Juga : Pelatihan Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Alternatif Media Promosi

Fandi, selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa, rata-rata penduduk Indonesia menghabiskan waktu berselancar di dunia maya rata-rata 8 jam per hari.

“Berdasarkan informasi yang telah banyak beredar di internet, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 8 jam per hari untuk beraktivitas di dunia maya. Ini menjadi ‘paksaan’ para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online,” jelasnya.

Saat ini Tiktok menjadi aplikasi yang paling popular di Indonesia. Menurut Fandi, sudah saatnya UMKM memanfaatkan Tiktok sebagai media promosi karena penggunanya yang tiap hari semakin bertambah.

“Salah satu cara agar penjualan meningkat, para pelaku UMKM harus bisa membuat konten yang viral atau FYP di Tiktok. Dengan konten yang viral, tentu akan memudahkan calon pembeli menemukan produk kita,” jelasnya.

Sementara itu, Lis, salah satu peserta pelatihan mengungkapkan bahwa, kegiatan ini sangat membantu dirinya dalam mempromosikan produknya melalui Tiktok.

Baca Juga : Kenalkan Tiktok Shop, Dosen Universitas BSI Lakukan Pendampingan UMKM

“Ternyata Tiktok tidak hanya sekedar untuk ‘joged-joged’ saja, akan tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi yang gratis. Walaupun saya sendiri orangnya masih agak gaptek, tips dan trik agar konten cepat FYP di Tiktok yang diberikan Mas Fandi cukup mudah dipahami,” ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut diskusi, juga dibuatkan grup mentoring via whatsapp agar kedepannya jika ada hal yang ditanyakan, para peserta dapat langsung mengajukannya melalui grup tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.