3 Kota/Kabupaten Paling Worth It Bagi Para Perantau Untuk Kuliah Sambil Kerja

0 54

Karawang, BSINews – Keberhasilan pendidikan merupakan dasar dari kemajuan bangsa. Oleh karena itu, setiap manusia berhak mendapatkan akses pendidikan yang mudah dan juga berkualitas.

Melanjutkan pendidikan tinggi menjadi impian bagi banyak pelajar. Namun, faktor biaya kuliah yang tidak murah, membuat tidak semua orang dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Akan tetapi, ada banyak cara untuk menyiasati hal tersebut, salah satunya dengan kuliah sambil kerja.

Indonesia memiliki banyak kawasan industri yang besar dan menghasilkan nilai jual yang tinggi sehingga ini menjadi peluang untuk teman-teman rantau yang meninggalkan kampung halaman untuk mencari pekerjaan sembari melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Baca juga: Galih Buktikan Kuliah Sambil Kerja Bisa Lulus Tepat Waktu

Pilihan Kampus Kuliah Sambil Kerja

Untuk yang ingin melanjutkan kuliah sambil kerja, berikut 3 Kota/Kabupaten paling worth it bagi para perantau untuk kuliah sambil kerja:

1. Karawang

Wilayah Kabupaten Karawang memiliki 12 kawasan industri dengan luas kurang lebih 13.756.358 hektar. Kawasan industri Karawang adalah yang terbesar di Asia Tenggara.

Menurut data Disnakertrans Karawang, jumlah pabrik yang beroperasi mencapai 1.762 pada tahun 2018. Sebagian besar perusahaan yang ada di Karawang bergerak disektor otomotif dari negara Jepang.

Buat perantau yang mempunyai tekad untuk kerja sambil kuliah di Karawang, berikut pilihan kampus PTN dan PTS yang worth it untuk dijadikan sebagai pilihan antara lain Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Cikampek dan Universitas BSI kampus Karawang.

2. Bekasi

Daerah penyangga DKI Jakarta ini merupakan salah satu kawasan industri terbesar lainnya di Indonesia, tepatnya di daerah Cikarang. Total kawasan industri di Cikarang adalah 10 kawasan dengan luas lahan kawasan mencapai 9.496 hektar. Khusus di wilayah Cikarang, Bekasi, berikut pilihan kampus yang tepat untuk Kuliah sambal kerja diantaranya Universitas BSI kampus Cikarang, Politeknik Meta Industri Cikarang, Universitas Pelita Bangsa dan Universitas BSI kampus Kaliabang.

Baca juga: Dio Okta Rovelino, Kuliah Sambil Kerja Sebagai Software Engineer

3. Tangerang

Wilayah yang dekat dengan Jakarta ini memiliki 6 kawasan industri dengan luas lahan kawasan mencapai 4.450 hektar. Sebagian besar perusahaan di Tangerang bergerak disektor produksi dan penyimpanan gudang.

Selain luasnya lahan untuk kawasan industri, Tangerang pun memberikan pilihan kampus yang luas untuk perantau yang ingin kuliah sambil kerja ataupun sebaliknya, berikut adalah pilihan kampus yang worth it di Tangerang, seperti Universitas Nusa Mandiri, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas BSI kampus Tangerang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.