HIMASA Universitas BSI Kampus Pontianak Selenggarakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

0 56

Pontianak, BSINews — Mahasiswa tidak hanya dituntut unuk mampu menjadi konsumen ilmu pengetahuan, namun mahasiswa diharapkan juga menjadi produsen yang mampu menghasilkan inovasi melalui pemikiran yang dituangkan dalam karya tulis ilmiah. Pentingnya ilmu mengenai karya tulis ilmiah, membuat Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (HIMASA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak, mengadakan pelatihan karya tulis ilmiah, pada Selasa (15/11).

Baca juga : Himasa Universitas BSI Gelar Workshop Pemrograman Laravel

Dipandu oleh Eni Sumaini, kegiatan ini menghadirkan Yulia dan Rabiatul Adwiya sebagai narasumber. Lisnawanty selaku ketua program stdui (Kaprodi) Sistem Informasi Akuntansi, Universitas BSI kampus Pontianak dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pelatihan penulisan karya ilmiah ini merupakan salah satu program yang luar biasa diselenggarakan oleh Himasa Universitas BSI kampus Pontianak.

“Karena salah satu faktor penunjang meningkatkan kompetensi dan inovasi bagi mahasiswa-mahasiswa terutama dalam penulisan karya tulis ilmiah, menulis karya tulis ilmiah berbeda dengan penulisan makalah-makahal tugas di kelas, lebih terperinci, lebih padat, Bahasa yang digunakan juga harus baku, sehingga mudahan dengan pelatihan ini, tidak ada kesulitan bagi mahasiswa untuk membuat suatu karya tulis ilmiah kedepannya, terutama untuk tugas akhir,” ujarnya dalam keterangan rilis, Rabu (16/11).

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

Sementara itu, dalam pemaparannya Yulia mengatakan karya tulis ilmiah merupakan sebuah karya yang dihasilkan dari kegiatan menulis, dengan menerapkan kaidah ilmiah, mengutamakan aspek rasionalitas, mengusung permasalahan yang bersifat obyektif serta faktual.

 

“Kita akan membahas secara rinci siklus akuntansi yang menjadi modal dasar dari salah satu outline yang akan di ambil oleh mahasiswa. Siklus akuntansi awal yakni dokumen transaksi, di lanjutkan ke buku jurnal, buku besar, buku besar pembantu, neraca saldo, neraca lanjur, neraca saldo disesuaikan, laporan keuangan, laporan laba rugi dan laporan perubahan modal,” jelas Yulia.

Senada, Rabiatul menambahkan penjelasan tentang metode penelitian yang harus diambil sesuai permasalahan dan metode perangkat lunak yang cocok dengan objek penelitian.

Baca juga : Himasa Universitas BSI Menyelenggarakan Workshop Zahir Accounting

“Dalam menulis karya ilmiah, kita harus memahami Teknik pengumpulan data yang harus dilakukan sebagai penunjang kebutuhan penelitian yang akan dicantumkan dalam penulisan karya tulis ilmiah. Serta diagram Unified Modelling Language (UML) yang masih banyak belum dipahami oleh mahasiswa, padahal diagram UML merupakan hal penting,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.