Prodi Akuntansi Universitas BSI Gelar Workshop dan Test Basic Accounting

0 260

Jakarta, BSINews — Sebagai upaya menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa sebelum menghadapi ujian test basic accounting, program studi (prodi) Akuntansi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan workshop basic accounting. Kegiatan ini di gelar di aula kampus Universitas BSI kampus Kramat 98, pada Rabu (16/11) silam.

Baca juga : Seminar Profesionalisme Jurusan Akuntansi dan Manajemen Pajak

Menghadirkan Hasanudin yang merupakan Unit Pengembangan Akademik Prodi Akuntansi Universitas BSI sebagai narasumber. Kegiatan ini turut menghadirkan Dwiyatmoko Puji Widodo selaku ketua prodi (Kaprodi) Akuntansi, Universitas BSI. Dalam sambutannya, Dwiyatmoko mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh prodi Akuntansi tiap semester.

“Kegiatan ini juga menjadi acuan atau tolak ukur bagi mahasiswa terhadap kemampuan yang dimiliki tentang akuntansi dan laporan akuntansi. Bagi seluruh peserta workshop, silakan ambil manfaat dan ilmu sebanyak-banyaknya, dari narasumber yang kami hadirkan. Jadikan kegiatan ini sebagai bentuk investasi untuk masa depan dan menjadi tolak ukur bagi kemampuan yang kita miliki,” ujar Dwiyatmoko dalam keterangan rilis, Rabu (23/11).

Sementara itu, Hasanudin dalam pemaparan materinya menjelaskan bahwa akuntansi familiar bagi pelajar dan mahasiswa, istilah akuntansi sangat familiar dengan seorang pebisnis karena akuntansi adalah kegiatan sehari-hari di dalam sebuah perusahaan.

Workshop dan Test Basic Accounting

“Akuntansi adalah suatu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan proses data keuangan dan pendukungnya seperti mencari, mengumpulkan, mencatat, menganalisa, menafsirkan, membuat laporan dan bahkan membuat kebijaksanaan terkait data keuangan dari pihak yang membutuhkannya. Atau dapat disederhanakan dengan proses  pencatatan yang sistematis dan terperinci dari transaksi keuangan suatu bisnis,” jelas Hasanudin.

Pada workshop ini, Ia lebih berfokus untuk menjelaskan pada proses mengelola keuangan dan transaksi perusahaan secara manual atau tanpa bantuan software. Karena dilakukan secara manual, sehingga peran akuntan sangat penting karena seorang akuntan harus bisa mencatat, menghitung dan membuat laporaan keuangan.

“Akuntansi sangat berperan karena akuntansi merupakan sumber informasi keuangan suatu perusahaan. Bagian dalam sebuah akuntansi yang biasa disebut sebagai siklus akuntansi menyediakan berbagai macam transaksi yang terjadi setiap harinya di dalam sebuah perusahaan. Berbagai transaksi dalam sebuah perusahaan dicatat secara berurutan dan dilakukan secara rutin oleh seorang akuntan,” imbuhnya.

Baca juga : Pentingnya Manajemen Profesionalisme Dalam Berorganisasi dan Dunia Kerja

Ia berharap melalui kegiatan ini, seluruh mahasiswa prodi Akuntansi Universitas BSI dapat menjadi akuntan profesional yang dapat mengimplementasikan ilmunya dalam dunia kerja. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.