Cerdas dan Bijak Menggunakan Media Sosial Terhadap Keamanan Informasi Era Digital

0 383

Pontianak, BSINews — Dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas dan bijak dalam menggunakan media sosial, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak yang terdiri dari Ali Mustopa, Umi Khultsum, Muhammad Iqbal, Rabiatus Saadah dan Wahyu Nugraha mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Mengusung tema sosialisasi Cerdas Dan Bijak Menggunakan Media Sosial Terhadap Keamanan Informasi Di Era Digital pada Kelompok Wanita Tani Melati, pada Sabtu (10/12/2022).

Baca juga : Pentingnya Literasi Media Sosial

Ali Mustopa selaku ketua pelaksana PM Universitas BSI kampus Pontianak, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar masyarakat lebih cerdas dan bijak dalam menggunakan media sosial agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi kepada diri sendiri, keluarga ataupun orang sekitar.

“Saat ini, pertumbuhan internet membuat segalanya lebih mudah. Mulai dari teknologi, kesehatan, industri, keuangan dan lain-lain. Semua informasi tersedia dengan cepat dan mudah. Kemudahan dan kecepatan informasi ini merupakan salah satu hal yang dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber,” jelas Ali dalam keterangan rilis, Kamis (14/12/2022).

Cerdas dan Bijak Menggunakan Media Sosial

Menurutnya, kemudahan akses informasi tidak terlepas dari berbagai kejahatan atau ancaman dunia maya. Cybercrime adalah kejahatan ilegal yang menyebabkan hilangnya informasi pribadi. Penjahat dunia maya selalu mencuri informasi penting untuk dijual kembali, kejahatan ini akan menyerang semua orang.

“Tindakannya selalu berbeda dalam menyasar korban, salah satu tindakan penjahat dunia maya adalah penipuan online. Penjahat dunia maya mengajari Anda untuk mencari sesuatu yang baru, belajar tentang keamanan informasi. Masalah ini menyarankan kepada kita untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi di media sosial, selalu meningkatkan pengetahuan, meningkatkan sikap dan membentuk kebiasaan yang baik dalam menggunakan media sosial,” imbuhnya.

Sementara itu, menanggapi hal ini Rohanita selaku peserta PM yang berasal dari kelompok Wanita Tani Melati mengatakan bahwa sangat bersyukur kegiatan ini digelar. Maraknya penipuan maupun ilegal phising yang terjadi di media sosial.

Baca juga : Literasi Digital Untuk Tingkatkan Produktivitas Remaja Lewat Media Sosial

“Alhamdulillah akhirnya kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar. Saya mewakili Kelompok Wanita Tani Melati mengucapkan terima kasih atas ilmu dari bapak ibu dosen BSI pontianak. Semoga kegiatan ini bisa dapat berlanjut dikemudian hari dengan materi menarik lainnya agar masyarakat kami lebih bijak dalam bersosial media,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.