Universitas BSI Bekali Ilmu Video Editing Pada Program PMM PKBN 2022

0 19

Jakarta, BSINews – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses bekali ilmu video editing kepada mahasiswa/i yang mengikuti program PMM PKBN 2022 (Pertukaran Mahasiwa Merdeka Pembinaan Kesadaran Bela Negara) yang berlangsung sejak 12 – 14 Desember 2022 di gedung rektorat Universitas BSI, jalan Kramat Raya no. 98, Senen, Jakarta Pusat.

Peserta yang hadir dalam praktik digital video editing ini diikuti oleh seluruh mahasiswa/i dari perguruan tinggi mitra diantaranya Universitas Nusa Mandiri, Universitas Budi Luhur, dan sebagainya. Kurang lebih ada sekitar 30 perguruan tinggi yang mengikuti praktik digital video editing.

Baca juga: Universitas BSI Bekali Ilmu Fotografi Bagi Mahasiswa Program PMM PKBN 2022

Program PMM PKBN 2022

Agus Priadi selaku selaku PIC program PMM PKBN sekaligus Ketua Program Studi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris Universitas BSI menjelaskan bahwa peranan video editor lebih luas, di mana berkaitan dengan literasi media.

“Mereka menyaring informasi yang layak dan tidak bagi khalayak. Apabila didapati bagian-bagian yang tidak layak untuk dikonsumsi oleh khalayak, maka video editor dapat memilahnya terlebih dahulu,” ujar Agus.

Ia mengatakan, praktik video editing ini merupakan proses penyusunan dan menata hasil rekaman video menjadi satu kebutuhan berdasarkan naskah, sehingga sebuah video memiliki satu kesinambungan dalam menyampaikan sebuah pesan.

“Dapat diistilahkan video editor merupakan perpanjangan tangan dari ideologi-ideologi yang dipegang oleh suatu media untuk ditampilkan kepada khayalak. Maka dari itu, peranan seorang video editor sang gat krusial bagi suatu media karena merepresentasikan media tersebut kepada khalayak luas,” pungkasnya.

Baca juga: Universitas BSI Sebagai Kampus Digital Kreatif, Dukung LLDIKTI PMM-PKBN Melalui Profesi Digital

Ia memaparkan, tujuan diadakan praktik ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai digital video editing dan teknik digital video editing, mengaplikasikan teori dan ilmu yang di dapat pada masa perkuliahan ke dunia kerja.

“Selain itu juga membahas tentang bagaimana mengetahui proses dan alur pasca produksi, khususnya pada tahap editing video, mengetahui alur kerja dalam media massa, khususnya media online. Tak lupa tentang menambah pengalaman, pengetahuan pada bidang editing di dunia kerja dan memberikan kiat dalam digital video editing,” katanya.

Ia berharap, tentunya seluruh mahasiswa/i peserta program PMM PKBN 2022 ini dapat mengikutinya dengan baik, terlibat aktif dalam kegiatan tersebut dan dapat memahami pemaparan materinya, serta yang terpenting adalah mahasiswa/i dapat mengimplementasikan materi termasuk tips dan trik dari narasumber dalam bidang digital video editing.

Baca juga: Selamat, Universitas BSI Jadi Perguruan Tinggi Penyelenggara Kuliah Bela Negara PMM-PKBN Terbaik Di Lingkungan LLDIKTI WILAYAH III

Ir Hengky Christiawan yaitu Creative Director dari PT Karnos Film serta aktif di berbagai bidang program video editing ini hadir membagikan keilmuannya dalam praktik digital video editing.

“Zaman sudah berubah diiringi dengan kemajuan teknologi, berbagai metode editing yang dapat dilakukan,” pungkasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.