Mahasiswa Kampus Digital Kreatif Universitas BSI Raih Juara UI/UX Design Mastery dan People Choice Award

0 177

Jakarta, BSINews — Sebanyak 13 mahasiswa Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berhasil menyelesaikan program mahasiswa studi independent bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka Cycle 3 Tahun 2022 di PT. Impactbyte Teknologi Edukasi (Skilvul). Acara Demo Day Skilvul yang bertema Tech4Impact: UI/UX Design Mastery, sukses digelar secara daring, pada Jumat (23/12) silam.

Baca juga : Ratusan Mahasiswa Universitas BSI Ikuti Sosialisasi Program MSIB Batch 4

Mahasiswa ini berasal dari program studi (prodi) Sistem Informasi, Sistem Informasi Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Universitas BSI kampus Pontianak. Muhammad Ridwan yang merupakan mahasiswa dari prodi Sistem Informasi berhasil memborong dua penghargaan sekaligus, yakni juara 3 UI/UX Design Mastery dan pemenang people choice awarding versi Youtube pada project challenge yang diadakan oleh Skilvul.

Ridwan bersama rekannya berhasil membuat prototype Aplikasi Penanggulangan Bencana Tanggap Dini. Alasan Ridwan membuat aplikasi ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada pada zona pertemuan lempengan dunia, oleh sebab itu Indonesia menjadi rawan bencana alam.

“Aplikasi Tanggap Dini bertujuan untuk membantu penanggulangan bencana di Indonesia, yang dapat digunakan oleh masyarakat baik pada fase pra-bencana, bencana, dan pasca bencana. User Interface Aplikasi ini memberikan informasi pencerdasan yang bersifat real-time tentang potensi bencana di Indonesia juga penanganan keadaan darurat, permintaan bantuan serta pengiriman bantuan bencana,” jelas Ridwan dalam keterangan rilis.

Mahasiswa Universitas BSI Raih Juara UI/UX Design Mastery

Ia menambahkan, metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini terdiri dari Desain Thinking yang terdiri dari lima tahapan, yakni Empathize, Define, Idate, Prototype dan Testing.

“Empathize merupakan kegiatan wawancara untuk memahami apa yang menjadi kebutuhan dari pengguna. Selanjutnya Define menemukan cara untuk mengatasi masalah dan solus berdasarkan user personal. Tahap ketiga yakni Idate tiap anggota kelompok mengemukakan idenya masing-masing baru menggabungkan ide untuk solusi terbaik,” imbuhnya.

Tahap keempat adalah Prototype atau userflow lanjutnya, yang meliputi User Interface (UI) pendaftaran dan login, informasi kebencanaan dan cuaca, minta dan tawarkan bantuan, SOS, Logo, Riwayat dari permintaan dan penawaran bantuan bencana. User Interface (UI) SOS dibuat dengan tujuan sebagai sinyal bantuan gawat darurat bagi user yang sedang butuh pertolongan, hanya dengan mendaftarkan kontak darurat saja.

“Tahap terakkhir yakni Testing. Metode ini menggunakan metode In-depth Interview yaitu mewawancarai responden untuk mencari tahu skala kepuasan terkait pemahaman, kebutuhan dan mencari tahu kesulitan yang dihadapi,” ungkap Ridwan.

Sementara itu, Rifky Permana selaku Kepala BSI Career Center (BCC) Universitas BSI memberi apresiasi serta rasa bangga dan bersyukur pada Ridwan yang berhasil menjadi juara 3 dan terpilih sebagai pemenang like terbanyak versi Youtube.

Baca juga : Mahasiswa Universitas BSI Pamerkan Karya Final Project MSIB di Digital Art Space

“Saya turut senang dan bangga atas pencapaian Ridwan sebagai juara ke 3 untuk kategori UI/UX Design Mastery dan pemenang people choice awarding versi Youtube dalam kegiatan MSIB cycle 3. Semoga prestasi ini bisa menjadi pemicu semangat untuk rekan-rekan mahasiswa Universitas BSI lainnya agar lebih banyak mahasiswa yang mendaftar dan diterima dalam pelaksanaan MSIB cycle 4 dan untuk ridwan jangan berpuas diri dengan pencapaian yang sekarang sehingga bisa menghasilkan prestasi lainnya dimasa yang akan dating,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.