Peserta BSI Explore Gotong Royong Buat Gapura Bersama Warga Desa Cibentang Bogor

0 71

BOGOR, BSINews—Peserta BSI Explore yang terdiri dari mahasiwa aktif Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Sudah terhitung sejak 23 Januari hingga 29 Januari 2023, kelompok 7 peserta BSI Explore telah memasuki minggu kedua dalam penugasan pengabdian masyarakat di desa Cibentang, kabupaten Ciseeng Bogor.

Peserta BSI Explore telah melakukan berbagai macam aktivitas yang tentunya melibatkan banyak pihak, termasuk warga, bapak ibu RT dan juga RW desa Cibentang.

Baca juga: Universitas BSI Kampus Bogor Mengadakan Seremonial Pelepasan Peserta BSI Explore 2023

Peserta BSI Explore

Ahmad Ishaq selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menyampaikan bahwa sesuai dengan tujuan dari kegiatan BSI Explore, yakni mengabdi kepada masyarakat.

“Peserta BSI Explore kelompok 7 ini memanfaatkan momen untuk mensosialisasikan terkait program kerja pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan yakni bergotong royong membersihkan lingkungan desa dengan mengadakan jumsih (jum’at bersih) bersama ibu-ibu,” terangnya.

Sementara itu, Ibu RT setempat mengatakan sangat mendukung apapun kegiatan yang akan dilaksanakan mahasiswa Universitas BSI yang tergabung dalam kegiatan BSI Explore ini.

“Jika kegiatan itu baik dan yang terbaik untuk desa Cibentang kami sebagai warga sangat senang dan merasa terbantu,” ucap bu RT saat sosialisasi, Kamis (26/1).

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada Jum’at (27/1) pukul 9.00-10.00 WIB diawali dengan kegiatan bersih-bersih sekitar RT 03 RW 06 desa Cibentang. Keantusiasan ibu-ibu terlihat jelas ketika mereka menyapu jalan sambil menggendong anak-anak mereka yang sedang tertidur.

Menjelang zuhur, tepatnya pada pukul 11.00 WIB peserta BSI Explore melepas penat dengan melakukan makan-makan bersama atau yang biasa disebut “Ngaliwet” bersama ibu-ibu desa Cibentang.

Faiz Arkan selaku ketua kelompok 7 peserta BSI Explore menjelaskan bahwa timnya saling membantu memasak, membuat sambal, memetik lalapan hingga memetik daun pisang untuk alas makan membuat rasa kebersamaan dan tolong menolong tercipta sangat jelas di antara ibu-ibu desa Cibentang.

Baca juga: Tim BSI Explore Tunjukan kreatifitas, Latih Siswa SDN Karanganom 1 Buat Batik Ecoprint

“Bapak-bapak desa Cibentang yang tidak mau kalah saing dengan kekompakan ibu-ibu. Kami selaku tim peserta BSI Explore berunding dengan perwakilan bapak-bapak desa Cibentang mengenai kegiatan yang akan kami laksanakan untuk mengabdi di desa Cibentang. Terlintas dipikiran kami untuk membuat gapura, mengingat tidak adanya tanda atau batas antara kampung Cileleuy dengan kampung yang lainnya. Maka, bapak-bapak yang sangat antusias pun langsung mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk membuat gapura,” jelasnya dalam keterangan pers, pada Senin (30/1).

Kami pun juga segara sigap membantu menebang bambu, membuat kerangka/desain gapura, dan membuat pondasi yang kokoh untuk kerangka gapura tersebut.

“Semua ini dilakukan secara gotong royong dan saling membantu satu sama lain. Dan ini semakin mempererat rasa kekeluargaan di antara kami di pekan kedua kami di desa ini,” tegasnya. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.