Pemanfaatan Internet Sehat Guna Tingkatkan Kesadarahan Kejahatan Dunia Siber

0 36

Bogor, BSINews — Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif yang berkecimpung dalam bidang informasi dan teknologi, membuat beberapa dosen melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Pelatihan penggunaan internet  sehat sebagai upaya meningkatkan kesadaran akan bahaya kejahatan siber.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh beberapa dosen yang terdiri dari Ade Surya Budiman, Fahrizal, Nur Ali Farabi, dan Arief Fadholi, yang diujukan untuk staff Yayasan Arrohmah Nur Kota Bogor, pada Selasa (7/3/2023).

Baca juga : Tingkatkan Pemahaman Skripsi dan Tugas Akhir, Prodi Sistem Informasi Adakan Sosialisasi

Ade Surya Budiman selaku ketua PM Universitas BSI mengatakan bahwa penggunaan internet dalam segala aktivitas pendidikan di Yayasan Arrohmah Nur Kota Bogor sudah sangat massive. Beberapa aktivitas penting seperti komunikasi menggunakan email dan aplikasi chat, promosi dan berita sekolah melalui web sekolah, pencarian referensi bahan ajar dan sebagainya sangat membutuhkan akses internet. Dengan menggunakan internet segala aktivitas di Yayasan Arrohmah Nur menjadi lebih efektif dan efisien.

“Namun di balik sisi positif penggunaan internet dalam pendidikan juga ada sisi negatifnya, Informasi yang serba bebas diinternet menjadi risiko besar yang harus dihadapi bagi pendidikan. Kemerosotan akhlak yang diakibatkan oleh bahaya pornografi, LGBTQ, radikalisme, pluralisme liberalisme dan berbagai paham-paham yang tidak sesuai dengan tuntunan Agama dan moral yang berlaku di Indonesia sangat mudah sekali diakses,” kata Ade dalam rilis yang diterima.

Pemanfaatan Internet Sehat

Ia menambahkan, selain itu bahaya malicious code seperti virus komputer, malware, spyware, trojan backdoor dan sebagainya yang mempermudah serangan hacker yang mengancam aspek kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity) dan ketersediaan (avalability) dari aset- aset informasi yang ada pada Yayasan Arrohmah Nur Kota Bogor.

“Karena menyadari akan bahaya tersebut, sebagai institusi yang sama-sama bergerak dalam bidang pendidikan dan secara khusus berkecimpung di bidang informasi dan teknologi, Kami dosen Universitas BSI menilai perlunya meningkatkan kesadaran (awareness) dan kompetensi khusus dalam menggunakan internet secara sehat untuk tenaga pendidik di lingkungan Yayasan Arrohmah Nur Kota Bogor,” imbuhnya.

Baca juga : Mahasiswa Bersama Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Melalui Peluang Usaha Tanaman Hidroponik

Sementara itu, menanggapi hal ini salah satu peserta PM yang merupakan staff Yayasan Arrohmah Nur mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena banyak hal yang baru bagi peserta mengenai risiko penggunaan internet yang sebelumnya tidak disadari membuka wawasan dan kehati-hatian dalam berselancar di diinternet. Juga menjadi bekal dalam menyusun rencana pengawasan penggunaan internet dilingkungan pendidikan, terutama pengawasan bagi para siswa. (LAG)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.