Keahlian Desain Grafis Bisa Mudah Dipelajari dengan Canva

0 113

BSINews, Jakarta – Kemajuan teknologi harus dapat dimanfaatkan oleh segenap lapisan masyarakat yang kini sudah menjadi suatu kebutuhan. Semua kalangan harus bisa memanfaatkannya, mulai dari anak-anak, kalangan remaja sampai kalangan dewasa.

Terutama bagi para remaja, melalui gawainya untuk mengakses informasi terkini. Namun banyak juga yang masih menggunakan untuk hal-hal yang bersifat hiburan seperti main games, nonton video, download lagu, dan lain-lain.

Baca juga : Bekali Mahasiswa BSI Explore 2023 Dengan Pelatihan Pengabdian Masyarakat

Banyak keahlian yang bisa dipelajari melalui kemajuan teknologi tersebut, terutama dari bidang desain grafis. Oleh karena itu dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan kepada remaja Karang Taruna RW 09 Pondok Bambu Jakarta Timur pada Minggu (12/3).

Tema dalam pengabdian masyarakat ini tentang penggunaan canva yang merupakan aplikasi berbasis online yang mudah diakses di web atau melalui handphone.

Martini selaku narasumber menjelaskan bahwa, banyak ide kreatif yang dapat dibuat dengan pemanfaatan aplikasi canva terlebih lagi aplikasi ini mudah digunakan oleh pemula dan gratis.

Pada saat pelaksanaan pelatihan, Martini juga dibantu tim lainnya antara lain Encep, Entin dan Elvi. “Canva merupakan salah satu platform desain grafis yang sekarang ini banyak digunakan karena menyediakan interface yang sederhana sehingga mudah digunakan,” kata Martini, saat memaparkan materinya.

Ia juga menambahkan bahwa pengguna dapat memilih berbagai template yang tersedia, selanjutnya dapat melakukan edit untuk menuangkan ide kreatifnya.

“Peserta pelatihan semuanya adalah pelajar yang dapat memanfaatkan Canva untuk penyelesaian tugas sekolah seperti pembuatan poster digital, mindmap, powerpoint dan lain-lain dengan banyak fitur yang dapat dipilih. Jika selama ini siswa menggunakan aplikasi Ms. word untuk mengerjakan tugas yang berisikan gambar-gambar maka dengan menggunakan canva akan lebih mudah untuk membuat disain ditambah dengan kreasi yang menarik,” ujarnya.

Baca juga : Pelatihan Pembuatan Video Presentasi yang Interaktif dengan Menggunakan Canva

Martini berharap, melalui pelatihan ini akan menambah kreativitas peserta dalam membuat desain yang tidak hanya untuk tugas sekolah saja tetapi juga untuk kebutuhan lainnya.

“Hal ini akan menjadi motivasi bagi peserta untuk lebih meningkatkan keahliannya dalam membuat desain seperti pembuatan poster untuk promosi kegiatan di lingkungan karang taruna,” papar Martini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.